Pemerintah Siapkan Rp2,51 Triliun Untuk Bangun 7 Wilayah Perbatasan

Foto Pos Lintas Batas Negara Motamasin NTT (Foto: Dani Jumadil Akhir)

Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terus diperbaiki. Dengan demikian PLBN yang dulunya hanya sebatas kantor layaknya kelurahan, sekarang disulap menjadi bangunan megah.

Bangunan megah ini tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia di perbatasan. Sebab, PLBN bukan hanya pintu masuk masyarakat di perbatasan tapi sebuah cikal bakal pertumbuhan ekonomi.

“PLBN ini bukan hanya gerbang masuk tapi embrio pertumbuhan ekonomi di kawasan itu. Ada pemberian stimulan, nah ini bentuk konkretnya,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo saat berbincang santai di Kupang, Minggu (1/7/2018).

Tercatat, saat ini ada 7 PLBN yang sudah dibangun yang tersebar di Kalimantan, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua. “Ini supaya menggeliat ekonominya. Baik di PLBN dan kawasan sekitarnya,” tambah Hartoyo.

Tujuh PLBN tersebut di antaranya PLBN Entikong di Sanggau, PLBN Aruk di Sambas, PLBN Nanga Badau di Kapuas Hulu, PLBN Motammassin di Malaka, PLBN Mota’ain di Belu, PLBN Wini di Timor Tengah Utara dan PLBN Skouw di Jayapura.

Untuk investasi dari total 7 PLBN yang sudah dibangun mencapai Rp944 miliar untuk tahap I dan Rp1,57 triliun untuk tahap II.”Untuk pemanfaatan dan tanggung jawab PLBN diserahnya ke Badan Nasional Pengelola Perbatasan,” tukasnya, seperti dilansir dari okezone.com. (net/hp)

Bangun Wilayah Perbatasan

Posting Terkait