Pemilu di Lampung Selatan dan Pesisir Barat Diulang 

Foto: Ilustrasi/Istimewa

BANDAR LAMPUNG – Usai hari pemilihan kemarin, Bawaslu Provinsi Lampung, mengkaji kemungkinan diadakannya pemungutan suara ulang pada pemilu 2019.

Rencana pemungutan suara ulang disebabkan ada banyak permasalahan yang terjadi selama proses pemungutan suara di TPS.

Diantaranya pemilih menggunakan undangan untuk mencoblos atau formulir C 6 milik orang lain, ditemukannya surat suara rusak serta tertukar dan kurangnya logistik surat suara.

Baca Juga:  Polda Lampung Gelar Rapim Cooling System

“Pemungutan suara ulang di Lampung kemungkinan akan di lakukan di beberapa TPS yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Selatan,” jelas anggota Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, Kamis (18/4).

Selain masalah logistik surat suara, permasalahan dibeberapa TPS juga disebabkan kurangnya pemahaman oetugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terkait proses pemungutan suara.

Baca Juga:  Pemilu 2019 di Lampung Berlangsung Aman

Dari beberapa laporan yang ditemukan Bawaslu pada saat pemilihan 17 April kemarin, yakni mulai surat suara tertukar, adanya pemilih yang tidak sesuai alamatnya mencoblos, dan kekurangan surat suara.

“Kami juga melakukan kajian tekait pelaksanaan PKPU nomor 3 tahun 2019, tentang pemungutan dan perhitungan suara dalam pemilu. Salah satunya syarat pemilih tak memiliki E-KTP, namun ikut mencoblos,” jelas dia.

Baca Juga:  Falsafah Musik Cocok untuk Pemilu

Sesuai dengan peraturan, rencana Bawaslu untuk melakukan pemungutan suara ulang akan dilaksanakan 10 hari setelah masa pencoblosan.(JO)

Coblos Ulang Pemilu TPS

Posting Terkait