Pemkab Lambar Gelar Sosialisasi dan Pelatihan E-Planning dan E-Budgeting

LAMPUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar sosialisasi dan pelatihan e-planing dan e-budgeting terintegrasi tahun 2018 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Akmal Abd Nasir, SH, di Aula Keghatun BPKAD, Rabu (19/12).

“Pengelolaan manajemen keuangan daerah yang terintregasi merupakan tindak lanjut pemerintah daerah dalam rangka rencana aksi pencegahan korupsi terintregasi yang telah disepakati oleh pemerintah daerah dengan deputi pencegahan komisi pemberantasan korupsi serta surat perjanjian kerjasama antara pemeringah Provinsi Lampung dengan Pemkab Lambar Nomor G/320/B.01/HK/2018 dan Nomor 139/08/Pemkab-lb/01/2018 tentang kerjasama e-planing dan e-budgeting dalam rangka penyusunan pendapatan dan belanja daerah,” ujar Sekda.

Baca Juga:  2019, Lampung Terapkan Aplikasi E-Budgeting

Manajemen pengelolaan keuangan daerah merupakan alat untuk mengelola rumah tangga pemerintah daerah. Salah satu bagian dari manajemen pengelolaan keuangan daerah tersebut adalah pengelolaan keuangan daerah yang terintregasi dari mulainya perencanaan pengelolaan keuangan daerah sampai dengan pelaporan pelaksanaan keuangan daerah, hal ini sesuai dengan program pemerintah dalam rangka terwujudnya good governance.

Baca Juga:  2019, Pemda Wajib Terapkan E-Budgeting

Terakhir, Good governance memiliki tiga pilar utama yaitu transparansi, akuntabilitas dan partisipatif. Dan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang pengeloaan menejemen keuangan daerah, maka pemerintah kabupaten lampung barat melaksanakan sosialisasi sekaligus pelatihan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Sosialisasi dan pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka membekali para aparatur pengelola keuangan daerah agar memiliki pemahaman dan kemampuan yang memadai mengenai sistem e-planing dan e-budgeting yang terintregasi serta komitmen semua pemangku kebijakan dalam rangka pelaksanaan aplikasi yang terintregasi dari perencanaan sampai dengan penata usahaan serta pelaporan. (Fb)

Baca Juga:  2019, Pemda Wajib Terapkan E-Budgeting

E-Budgeting E-Planning

Posting Terkait