Pemkab Lambar-USAID Rencanakan Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat

Foto: Febri Andrian

LIWA – Pemkab Lampung Barat (Lambar) bersama United States Agency for International Development (USAID) atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika yang merupakan badan independen dari pemerintahan Amerika Serikat, menggelar rapat terkait rencana kerjasama pengembangan pemberdayaan masyarakat, Rabu (21/08).

Rapat yang dipimpin oleh asisten Bidang Pembangunan dan perekonomian Sudarto itu berlangsung di ruang rapat Sekincau sekretariat Pemkab, yang diikuti oleh tim dari USAID Madani Muntajid Billah dan Lisna, Biro Otda provinsi Saifullah dan A Setiawan. Kemudian dari Pemkab Lambar antara lain Kadis PMP, Sekretaris Bappeda, Sekretaris bagian keuangan dan sejumlah OPD lainya.

Baca Juga:  Pemkab Lambar Gelar Bimtek Penyediaan Barang dan Jasa

Dalam rapat itu terungkap, ada 8 provinsi yang menjadi daerah penelitian kerjasama USAID antara lain Gorontalo, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan dan Kalimatan Tengah.

Kerjasama itu direncanakan akan dilaksanakan di 4 kabupaten/kota disetiap provinsi dengan total sebanyak 32 kabupaten/kota. Untuk Lampung kerjasama rencananya akan dilaksanakan di Lampung Tengah, Lampung Barat, Pesawaran dan Pringsewu.

Baca Juga:  Kafe Kopi Hancur, Pemkab Lambar Rugi Ratusan Juta

“Dengan bersedianya Pemprov Lampung untuk bekerja sama dalam proyek Madani maka nantinya akan dipilih empat kabupaten kota yang akan menjadi lokasi kerja sama termasuk Lambar. Dalam kerjasama itu setiap kabupaten/kota akan dipilih satu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) sebagai mitra utama,” ujar Sudarto.

Karena itu, Sudarto berharap OMS lokal dapat meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan, serta dapat memperkuat akuntabilitas pemerintah dan meningkatkan keberagaman sosial. OMS lokal nantinya diarahkan untuk mendukung keberhasilan pembangunan didaerah, termasuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga:  Pemkab Lambar Persiapkan Liwa Fair dan HUT RI

“USAID bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, badan badan donor lainnya dan organisasi Indonesia dan organisasi internasional lainnya,” imbuhnya. (FB)

Pemberdayaan Masyarakat Pemkab Lambar USAID

Posting Terkait