Pemkab Lampung Barat Peringati Nuzulul Quran 1439 H

Pemkab Lampung Barat Peringati Nuzulul Quran 1439 H

Foto: Istimewa

LAMPUNG BARAT – PEMKAB Lambar menggelar buka puasa bersama sekaligus peringatan Nuzulul Quran 1439 H, di kediaman Rumah Dinas Bupati Lampung Barat, Jumat (1/6).

Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Forkompinda, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, dengan penceramah Ustadz Muhammad Rois dari Tanggamus.

Dalam sambutannya Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan, salah satu kemuliaan bulan suci ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya kitab suci Alquran.

Turunnya Alquran (Nuzulul Quran) dari Allah SWT kepada Rasullullah SAW diperingati setiap tanggal 17 Ramadan setiap tahunnya oleh sebagian umat Islam.

“Peringatan Nuzulul Quran ini sangatlah penting, agar menambah keteguhan iman kita kepada kitab Allah SWT berupa Alquran,” katanya.

Baca Juga:  DLH Rakor Grebeg Sampah

Kemudian momentum peringatan Nuzulul Quran ini merupakan wahana atau sarana bagi kita untuk mengkaji dan merevitalisasi diri, apakah kita telah benar-benar mampu memahami dan mengamalkan ajaran alquran dengan baik.

Apalagi jika dikaitkan dengan kehidupan masyarakat saat ini yang tidak sedikit di antaranya mengalami kekurangan pemahaman tentang agama.

Hal itu ditandai dengan merebaknya penyakit masyarakat, seperti perbuatan maksiat, tindak kriminal merajalela, dan penyalahgunaan narkoba dikalangan para remaja yang semakin memprihatinkan.

Dalam situasi ini, Alquran ibarat air jernih yang mampu membersihkan noda dosa, menyegarkan rohani, bisa memberikan kesejukan dan ketenangan, serta ketenteraman batin.

Oleh karena itu saya berharap agar berbagai pendidikan atau pembelajaran membaca, menulis, dan mendalami nilai-nilai Alquran makin ditingkatkan kualitasnya.

Selanjutnya pada saat ini kita dalam suasana memperingati Nuzulul Quran, sebaiknya kita membangun sejumlah pertanyaan, seperti apakah kedekatan kita dengan Alquran, sangat akrab, sekadar saja atau bahkan tidak memperdulikannya.

Baca Juga:  Pemkab Lampung Barat Terima Mahasiswa KKL Unila

Apakah Nuzulul Quran cukup kita peringati di masjid–masjid dan di pondok pesantren saja, tanpa berikhtiar untuk mengamalkan ayat-ayat suci Alquran tersebut.

“Oleh karena itu, saya mengajak diri saya sendiri dan semua yang hadir di sini, kita perlu sepakat untuk segera kembali mencintai kitab suci Alquran. Marilah kita hidupkan suasana rumah dan kantor setiap harinya dengan Alquran,” ungkapnya.

Salah satu tujuan Allah SWT menurunkan kitab suci Alquran ke dunia ini adalah agar Alquran itu dijadikan sebagai bacaan utama dan pertama serta pedoman bagi umat Islam.

Membacanya saja sudah merupakan ibadah, terlebih lagi dengan mempelajari, mendalami dan mengambil hikmah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yang merupakan ilmu Allah guna memenuhi isi hati, terucap dalam lisan dan terwujud dalam tingkah laku perbuatan kita sehari-hari.

Baca Juga:  Jajaran Makorem 043 Gatam Peringati Nuzulul Quran

Turunnya Alquran membawa perubahan bagi manusia di muka bumi. Turunnya Alquran sebagai putunjuk bagi manusia memperoleh jalan yang benar menuju cahaya iman dan Islam. Pemerintah sangat mendorong terbangunnya syiar Islam dengan wujud mencerahkan ummat Islam melalui kecintaan terhadap nilai–nilai agung yang terdapat dan terkandung dalam Alquran.

“Nilai–nilai keagamaan yang ada di Indonesia, dalam pelaksanaan pembangunan, ditempatkan sebagai sumber nilai dan sumber motivasi bangsa menuju kehidupan masyarakat yang makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran,” tutupnya. (Fb)

260 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Nuzulul Quran 1439 H pemkab lampung barat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan