Pemkab Lampura Terapkan Pelayanan Publik Digital

KOTABUMI,FS- Diera digitalisasi penerapan pelayanan publik yang inovatif sangat dibutuhkan.

Pelayanan publik digital secara Online merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengubah sistem pelayanan publik konvensional menjadi lebih cepat, mudah, murah dan aman.

Bupati Lampung Utara, H.Budi Utomo,S.E.M.M pada acara pembukaan sosialisasi Pelayanan Publik Digital mengatakan Kendati masih sangat sulit untuk diterapkan secara menyeluruh di semua kantor perangkat daerah.

pelayanan publik digital di Pemkab Lampura mulai diterapkan secara bertahap, seperti pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan pengujian kendaraan bermotor sistem smart card di Dinas Perhubungan, pelayanan Kartu Tanda Pencari Kerja atau Kartu Kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan beberapa pelayanan digital lainnya.

” pelayanan publik secara online disemua OPD, akan kita terapkan secara bertahap,” ucapnya. Rabu (3/2/2021)

Meskipun pelayanan publik tidak selalu dalam bentuk digital online, namun prosedur pelaksanaannya tentu harus dilengkapi dengan pemenuhan variabel Standar Pelayanan Publik yang mengacu pada Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Lanjut Budi, tugas pelayanan kepada masyarakat merupakan tugas yang harus diemban Pemerintah Daerah, Bupati selaku Koordinator Pelayan masyarakat telah bersepakat dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung untuk menandatangani komitmen penerapan Standar Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

“Saya minta kepada para kepala perangkat daerah agar penandatanganan komitmen ini jangan dianggap sebagai kegiatan serimonial saja, melainkan dapat benar-benar dilaksanakan sehingga penyelenggaraan standar pelayanan publik di kabupaten Lampung Utara dapat berjalan semakin optimal dan dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nur Rakhman Yusuf, Mengatakan pihaknya sangat mendukung setiap daerah yang ingin terus memperbaiki pelayanan publik. untuk merealisasikannya tentu ada komitmen sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan pelayanan publik.

Lanjutnya terkait penilaian kepatuhan, pihaknya selalu berkomitmen membantu Pemerintah Daerah melakukan pembimbingan terkait hasil penilaian pelayanan publik.

“Selain dari pada itu, komitmen bersama menjadi modal penting, dalam mewujudkan semua program yang telah disusun, agar kualitas pelayanan publik bisa bener- benar berjalan efektif,” pungkasnya.

acara tersebut berlangsung di Aula Tapis Pemkab Lampung Utara yang dihadiri oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nur Rakhman Yusuf, Sekretaris Daerah (Sekda) Lampura Drs. Hi. Lekok, M.M.,seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab setempat. (R)

Posting Terkait