Pemkab Pesawaran akan Keluarkan Perbup Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

GEDONGTATAAN – Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) tentang pengelolaan keuangan desa pada tahun 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), melalui Kabid Keuangan, Pembangunan, dan Aset Desa Jenny Ricardo.

“Saat ini kita masih menggodok Perbup tersebut, dan saya targetkan pada bulan Oktober mendatang Perbup ini sudah selesai dan bisa langsung di sosialisasikan kepada para kades yang ada,” jelasnya, Kamis (20/09).

Baca Juga:  Soal Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal, Pemkab Surati Kejari Kalianda

“Setelah selesai kita sosialisasikan di tahun 2018 ini, pada tahun 2019 kita langsung terapkan di setiap kepala desa,” timpalnya.

Menurutnya, Perbup ini dikeluarkan guna mengatur kedudukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di desa tersebut dan Kepala Desa, dalam mengatur pengelolaan keuangan desa.

“Jadi yang ditekan kan di dalam Perbup ini adalah, dalam penggunaan uang desa, itu harus mendapatkan persetujuan dari Kades dan juga BPD,”  paparnya.

Baca Juga:  Pemkab Pesawaran Bagikan 1000 Kupon Daging

Menurutnya, apabila dari salah satu orang tersebut tidak menyetujui RAPBDes yang telah dirancang, secara otomasis anggaran yang seharusnya di kucurkan ke desa tersebut dapat tertunda.

“Hal tersebut berlaku untuk pengelolaan keuangan, baik itu dari pendapatan desa itu sendiri, ataupun bantuan dari daerah, serta bantuan dari provinsi, dan juga bantuan dari pusat,” tegasnya.

Baca Juga:  Pemkab Pesawaran Peringati Harkitnas 2018

Dirinya berharap, dengan akan dikeluarkannya Perbup ini, kedepannya pengelolaan keuangan di desa desa dapat semakin baik dan semakin maju. “Ya semoga dengan di keluarkan Perbup ini, pengelolaan keuangan di desa semakin transparan kepada masyarakat dalam penggunaannya,” pungkasnya. (MH/PS)

Pemkab Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan