Pemkab Pesawaran Diminta Segera Naturaliasi Sungai Way Ratai

Foto: Putra

GEDONGTATAAN – Sungai Way Ratai yang menjadi penyebab terbesar musibah banjir yang sering terjadi di Kecamatan Padang Cermin, Pemkab Pesawaran diminta segera lakukan naturalisasi sungai tersebut.

Hal ini disampaikan, Suheri selaku tokoh masyarakat Desa Banjaran, Kecamatan Padang Cermin, saat mengikuti safari Ramadhan di Desa Banjaran Kecamatan setempat, Rabu (15/5).

“Daerah kami memang pada musibah banjir kemarin juga terkena dampaknya cukup parah, maka dari itu saya atas nama Masyarakat Desa Banjaran, Kecamatan Padang cermin minta Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk dapat memperbaiki sungai Way Ratai secepatnya,” paparnya.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Himbau Masyarakat Selesaikan Masalah Dengan Musyawarah

Menurutnya, perbaikan sungai sangatlah diinginkan masyarakat sebab itu menjadi salah satu solusi untuk mengatasi banjir, sehingga kedepannya musibah banjir tidak terjadi lagi di daerahnya. “Masyarakat disini sangat mengharapkan adanya perbaikan sungai Way Ratai, karena kalau dilihat tingkatnya sudah cukup berbahaya, seperti yang tadinya jarak antara sungai dengan pemukiman warga itu berjarak sampai dengan 5 meter tapi sekarang hanya berjarak 1 meter saja,” pintanya.

Baca Juga:  Wagub Lampung Safari Ramadan ke Lampung Timur

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menuturkan bahwa, ada beberapa faktor penyebab banjir di Kecamatan Padang Cermin. “Mengenai banjir ini kami selaku Pemerintah Daerah tidak pernah diam, kami selalu mengusulkan kepada Dinas Kehutanan Provinsi untuk melakukan reboisasi pada daerah hulu sebagai resapan air, karena memang wewenang wilayah kehutanan ini bukan ada di Pemda Pesawaran,” tuturnya.

Dijelaskannya, selain masalah hutan yang gundul, pendangkalan aliran sungai juga menjadi salah satu faktor lain penyebab banjir. “Memang kami melihat perlu dilakukan normalisasi pada sungai Way Ratai, tapi karena proses normalisasi itu tidak mudah dan tidak murah, sedangkan anggaran kita terbatas makanya belum semua sungai kita normalisasi,” jelasnya.

Baca Juga:  Safari Ramadhan, Agus Istiqlal Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir dan Longsor

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Pesawaran. “Nanti kalau ada pembangunan terkait penanganan banjir saya minta dukungan, karena sebaik apapun program kalau tidak di dukung akan sia-sia saja,” pungkasnya. (MH/PS)

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona Safari Ramadhan Sungai Way Ratai

Posting Terkait