Pemkab Pringsewu Peringati 4 Hari Besar Nasional

Pemkab Pringsewu Peringati 4 Hari Besar Nasional

Pringsewu, Lampung.

PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu memperingati Hari Nusantara (HN), Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, dan Hari Ibu tahun 2017. Peringatan dilakukan sekaligus dalam suatu upacara yang digelar di Lapangan Perkantoran Pemkab Pringsewu, Senin (18/12/2017).

Wakil Bupati Pringsewu Dr H Fauzi SE MKom Akt bertindak sebagai pembina upacara yang diikuti oleh aparatur pemerintah setempat.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan, Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember, merupakan tonggak sejarah yang penting dimulainya perjuangan panjang bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Baca Juga:  Pemprov Lampung Dorong Kesbangpol Pertahankan Penghargaan Penanganan Konflik Sosial

Dengan ditetapkannya Konvensi Hukum Laut Internasional oleh PBB Class 1982 silam, yang mengakui prinsip-prinsip negara kepulauan nusantara yang diawali dengan diumumkannya Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957.

Sedangkan peringatan Hari Nusantara mulai dicanangkan pada pemerintahan Presiden Gus Dur pada 1999, dan dikukuhkan pada pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri melalui Keppres No.125/2001.

Baca Juga:  Polres Tanggamus Ringkus Spesialis Pembobol Counter HP

Terkait Hari Bela Negara ke-69 tahun 2017, Fauzi mengajak semua untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa guna menatap masa depan yang gemilang. Kesadaran Bela Negara dirasa sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa.

Menyinggung peringatan HKSN yang diperingati setiap tanggal 20 Desember, Wabup Pringsewu mengharapkan menjadi momentum dalam memperteguh semangat kesetiakawanan sosial di antara seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pringsewu.

Baca Juga:  PPP Lampung Timur Dukung Ridho-Nunik di Pilgub 2018

Selanjutnya dalam rangka memperingati Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, Wakil Bupati Pringsewu juga berharap terciptanya kesetaraan gender pada setiap aspek kehidupan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan kegotongroyongan.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi didampingi Sekretaris Daerah Drs Budiman dan pejabat pemkab juga menyerahkan bantuan sosial kepada sejumlah penerima. (*/JS)

Hari Besar Nasional Pringsewu Terkini

Posting Terkait