Pemkab-PT Pos Indonesia Resmikan Pajak Online

KOTAAGUNG,-Pemkab Tanggamus bersama PT Pos Indonesia meresmikan penerimaan pembayaran pajak daerah secara online melalui kantor pos di Pelataran Kantor Pos Kotaagung,  Selasa (1/8).

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, Kepala Kantor Pos Regional Sumsel-Babel Aris Nursanto, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah  (Bappenda) Tanggamus Suhartono, Kepala Kantor Pos Bandar Lampung Sudirjo dan sejumlah kepala SKPD.

Wakil bupati menyambut baik dan mendukung penuh program penerimaan pembayaran pajak daerah terutama Pajak Bumi Bangunan Perkotaan-Pedesaan  (PBB-P2) secara online.

Dengan adanya program ini dapat memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat dalam pembayaran pajak. Sementara, keuntungan bagi pemerintah tentunya mempermudah pelayanan publik dalam pembayaran pajak dan untuk meningkatkan peran serta masyarakat.

Baca Juga:  Mulai 2018, Hotel di Pontianak Lapor Pajak Online

Pajak merupakan salah satu sumber utama pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu diminta agar pajak tidak naik dulu. “Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat dulu.  Insya Allah, kalau masyarakat sadar untuk membayar pajak, maka akan membantu pembangunan,” jelas wakil bupati.

Diharapkan program itu benar-benar dijalankan.  Maka dari itu, seluruh camat dan kepala pekon dengan melibatkan uspika dituntut berperan aktif dalam mensosialisasikan program penerimaan pembayaran pajak daerah secara online.

Baca Juga:  Mulai 2018, Hotel di Pontianak Lapor Pajak Online

“Saya minta dinas untuk terus sosialisasi, bisa melalui media massa. Mudah-mudahan kedepan ada program lagi yang akan dikerjasamakan dengan Kantor Pos, ” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Bappeda Tanggamus Suhartono  bahwa penerimaan pembayaran pajak daerah secara online ini merupakan salah satu terobosan untuk memenuhi target yang telah dibebankan dalam PAD.

Tahun ini, target PAD dari sembilan jenis pajak yang dikelola pemkab sebesar Rp24, 8 miliar. Sementara khusus disektor PBB-P2 untuk target tahun 2017 sebesar Rp3,1 miliar, jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang mana sebesar Rp1, 6 miliar.

“Ada kenaikan 94 persen untuk target PAD dari sektor PBB-P2.  Dan untuk capaian realisasi PBB-P2 sampai dengan bulan ini baru mencapai Rp64, 8 juta. Oleh karena ini dengan program yang memberikan kemudahan pembayaran PBB-P2  ini kami berharap masyarakat akan semakin sadar dalam membayar pajak,” terang,Suhartono.

Baca Juga:  Mulai 2018, Hotel di Pontianak Lapor Pajak Online

Sementara itu, Kanreg Sumsel-Babel PT Pos Indonesia  Aris Nursanto mengaku bangga atas kerjasama dengan Pemkab ini.  Menurut dia, PT Pos siap memberikan pelayanan maksimal kepada wajib pajak.

“Saat ini memang baru pembayaran PBB-P2,  tapi sangat memungkinkan diperluas untuk pajak daerah lainnya,” jelas Aris Nursanto.(sb/cd)

Pajak Online

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan