Pemkab Tuba Fokus Infrastruktur Kecamatan Banjar Agung

MENGGALA,Tahun 2020.-2021 Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menitik beratkan Pembangunan Infrastruktur di kecamatan  Banjar Agung.

Pasalnya Kecamatan tersebut telah ditetapkan sebagai sentral ekonomi sebagaimana telah ditentukan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menenggah Daerah (RPJMD) dan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten Tulangbawang.

Menurut Winarti,tahun 2020,pemkab telah menyelesaikan peningkatan ruas jalan ethanol menjadi Jalur Dua,dilanjutkan dengan pembangunan jalan dan drainase melingkar pada area pasar atas permintaan para pedagang.

“Dalam kurun tiga tahun ini semua wilayah 15 kecamatan setulangbawang mulai dari Menggala hingga Rawa Jitu menjadi titik fokus skala prioritas pembamgunan,disesuaikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat,melalui Musrenbang,dan untuk tahun ini kecamatan banjar agung akan saya berikan perhatian dengan tetap menyesuaikan dengan kemampuan anggaran,”tegas Winarti.(14/01)

Menurut Winarti menjadi kewajiban Pemerintah memberikan perhatian diKecamatan banjar agung,lantaran kecamatan tersebut menjadi pusat atau sentral ekonomi masyarakat.

Apalagi lata Winarti Kecamatan Banjar Agung berada ditenggah diantara 15 kecamatan,posisinya tepat berada dibibir jalan lintas sumatera sehingga setiap harinya dilalui oleh orang dalam maupun luar daerah.

Mengingat lanjut Winarti banjar agung memiliki pasar besar yakni pasar unit dua setiap harinya rata-rata hampir 40-65% perputaran transaksi keuangan berada pada pasar unit dua.

“Jadi memang sudah sepantasnya Pemerintah memperhatikan sarana maupun prasarana,baik pada area pasar unit dua maupun infrastruktur sebagai penopang dengan demikian laju pertumbuhan ekonomi, akan semakin tumbuh dan berkembang,”jelasnya.

Untuk itu urai Winarti,melalui APBD tahun 2021 pemkab kembali merencanakan perbaikan infrastruktur jalan yang menghubungkan Lima kecamatan dengan banjar agung.

Yakni sambungnya kecamatan Banjar Margo,kecamatan Gedung Ají, kecamatan Meraksa Ají,kecamatan Penawar Ají dan kecamatan Rawa Pitu.

“Sudah dianggarkan dan disetujui oleh Legeslatif tahun ini jalan Ronggo Lawe Tugu Kuning, unit dua menuju Moris Jaya kecamatan banjar margo hingga perbatasan tepatnya pintu masuk kecamatan Rawa Pitu,akan dilakukan perbaikan,sehingga aktifitas transportasi dari lima kecamatan menuju unit dua lancar,”imbuhnya.

Terkait dengan keinginan masyarakat agar adanya perbaikan Jalan dikecamatan rawa pitu,Winarti paparkan jika mulai tahun 2021 Kecamatan Rawa Pitu secara continue mendapat Dana Afirmasi dari pemerintah pusat yang akan digunakan untuk berbagai pembangunan.

“Terus terang APBD kita terbatas,tetapi kami tidak berpangku tangan,kami terus berjuang dan memperjuangkan baik melalui tingkat provinsi hingga pusat,bukan hanya Infrastruktur,namun Pendidikan,Kesehatan,Irigasi Pertanian semua menjadi prioritas,yang jelas kami tetap fokus Perbaikan Ekonomi dampak Covid-19,Tidak ada yang tidak bisa diraih, Selagi kita ikhlas berjuang Insya Allah berhasil,”pungkasnya. (Fs-Murni)

Posting Terkait