Pemkab Tuba Inventarisir Aset Daerah

Foto: Murni

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hj Winarti meminta kepada BPKAD Tulangbawang agar segera memproses pendataan inventarisir aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang yang belum di lakukan pendataan sesuai instruksi dan data yang diberikan oleh KPK RI terkait aset daerah Pemkab Tulangbawang.

Winarti mengatakan jika berdasarkan hasil cros KPK RI terkait aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang memang di akui diirnya masih banyak yang belum terinventarisir atau belum jelas.

Sebab menurut Winarti dari seluruh aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang baik itu berupa bangunan, kendaraan ataupun lahan tanah itu masih belum di data dan belum memiliki kelengkapan berkas administrasi yang lengkap.

“Khususnya aset aset yang berada di daerah pedalaman karena memang saya akui itu tidak mudah bagi kami untuk melakukan inventarisir aset daerah karena selain kendala di dalam aturan juga banyak aset aset daerah yang sifatnya barang bergerak itu tidak selalu berada di tempat itulah yang menjadi kendala berat kami selama ini,” ucapnya.

Apalagi mengenai Winarti menerangkan aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang yang sudah memasuki waktu penghapusan dari pendataan aset Pemkab Tulangbawang.

Itu lebih Lanjut Winarti susah di bandingkan pendataan inventarisir aset aset daerah lainya karena selain harus memberikan laporan ke pemerintah Provinsi Lampung juga memerlukan waktu yang sangat panjang.

“Sebab bayangkan saja sudah laporan ke Provinsi Lampung kami juga harus laporan lagi ke Pemerintah pusat untuk di data setelah itu turun lagi tim kemudian verifikasi lagi kalau disetujui di acc kalau belum harus perlu di kaji lagi jadi sangat rumit sehingga tidak gampang prosesnya,” terangnya.

Namun kendati demikian meskipun banyaknya kendala Winarti akan tetap fokus untuk mengurus atau menyelesaikan proses mengenai pendataan dan inventarisir terhadap seluruh aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang di tahun ini juga.

“Karena masalah aset kita ini selain sudah menjadi pantauwan KPK RI juga sudah menjadi skala prioritas teguran dan hasil temuan KPK RI yang harus segera di selesaikan jadi apapun kendala iya harus kami bereskan,” jelasnya.

Oleh karena itu Winarti menegaskan guna lolos dari hasil buruk penilaian tim KPK RI terkait progres pendataan terhadap seluruh aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang pad tahun ini.

Maka Winarti meminta kepada pihak BPKAD Tulangbawang agar segera melakukan proses terhadap pendataan inventarisir aset aset daerah milik Pemkab Tulangbawang yang masih belum di lakukan pendataan.

“Sebab di tahun ini semuanya harus beres minimal semua sudah terdata baik itu banguan aset bergerak ataupun aset berupa kendaraan supaya selain administrasi kita lengkap juga semuanya terdata dengan baik sesuai data data yang ada di pusat guna menghindari hal hal dari masalah jeratan hukum,” pungkasnya.(MURNI)

Posting Terkait