Pemkab Way Kanan Sosialisasi Program Indonesia Sehat

Pemkab Way Kanan Sosialisasikan Program Indonesia Sehat

Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan GERMAS diikuti oleh UPT Kepala SKPD Dinas Kesehatan, Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Way Kanan, Staf Puskesmas dan Staf Dinas Kesehatan dengan narasumber dr Tetra dan dr Made dari Kementerian Kesehatan dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Uki Basuki SKM MKes, Kamis (14/12/2017).

WAY KANAN – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan, upaya pencapaian prioritas pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 dalam Program Indonesia Sehat (PIS) dilaksanakan dengan mendayagunakan segenap potensi yang ada, baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun masyarakat.

Baca Juga:  Oknum TNI Diduga Bekingi Perusahaan Kebun Sawit BCAP

Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) wajib dilakukan di masing-masing kecamatan karena sangat penting untuk dilaksanakan sesuai amanat pencapaian prioritas pembangunan kesehatan nasional.

“Guna mendukung program pembangunan kesehatan tersebut, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan PIS-PK untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, baik untuk Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan,” ujar  Raden Adipati Surya, Kamis (14/12/2017).

Baca Juga:  Pemprov Lampung Manfaatkan Teknologi Pertanian Wujudkan Ketahanan Pangan

Dengan adanya kegiatan ini, seluruh jajaran dinas kesehatan seperti Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Way Kanan berkomitmen mendukung dan membantu pelaksanaan PIS-PK dan Germas agar dapat terlaksana dengan baik dan berkualitas.

PIS-PK dan GERMAS dilaksanakan oleh Puskesmas dengan sasaran utama adalah keluarga, selanjutnya mengutamakan upaya Promotif-Preventif, disertai penguatan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).

Kemudian melakukan kunjungan rumah oleh Pusksmas secara aktif untuk peningkatan outreach dan total coverage serta melakukan pendekatan siklus kehidupan atau life cycle approach.

“Puskesmas harus meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan mendatangi keluarga. Tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga keluar gedung dengan mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya. Jika Puskesmas telah kuat dalam hal pelayanannya, masyarakat tidak usah ke rumah sakit lagi jika jatuh sakit,” tegasnya.

Baca Juga:  Bank Indonesia Wilayah Lampung Apresiasi Kinerja Koresponden Survei

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Farida Ariyani, mengatakan bahwa tujuan kegiatan Koordinasi dan Advokasi PIS-PK dan Germas adalah untuk menguatkan pelayanan kesehatan di tingkat primera atau Puskesmas sehingga rujukan rumah sakit tidak terjadi atau diminimalisir.

“Akses pelayanan dekat dengan masyarakat karena mendatangi setiap rumah-rumah, sehingga secara dini masalah kesehatan masyarakat yang tidak diduga dapat terdeteksi dan ditindaklanjuti, diberikan pelayanan kesehatan yang maksimal,” ujar Farida Aryani. (*)

2,938 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Dinkes Way Kanan Indonesia Sehat Terkini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan