Pemprov Bakal Tegas Terhadap Perusak Ekosistem Sungai

Menggala-Pemprov Lampung pastikan akan menindak tegas para oknum yang melakukan perusakan terhadap ekosistem sungai dengan menangkap ikan mengunakan peralatan terlarang.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,usai melihat lokasi Normalisasi sekaligus melaksanakan melepas 100 ribu bibit ikan di Way Tulang Bawang.25/11.

Menurut Arinal Normalisasi dan pelepasan Bibit ikan di way tulang bawang merupakan kerja sama pemprov dengan para tokoh Persaudaraan Orang Tulang Bawang (OMEGA) dan PT Sienar Tri Tunggal Perkasa yang berada di jakarta.

“Tujuanya menambah populasi ikan yang kini mulai langka di way tulang bawang,dan dilakukanya normalisasi agar tidak ada pendangkalan sungai sehingga kedalaman sungai tetap stabil sehingga para petani maupun masyarakat lainya tidak lagi khawatir dengan banjir yang bakal merusak hasil panen,”jelasnya.

Menurut Arinal,kelangkaan Ikan di way tulang bawang disebabkan oleh kerusakan pada ekosistem sungai akibat ulah manusia yang acap kali menangkap ikan dengan mengunakan peralatan terlarang.

Seperti urainya Strum,racun,pukat harimau,peledak dan peralatan listrik lainya yang menyebabkan kematian pada ikan besar maupun kecil.

“Nah ini tugas kita semua,masyarakat wajib turut serta menjaga agar tidak ada lagi oknum yang berulah merusak ekosistem,karena jika kelestarian sungai kita jaga dengan baik maka bibit ikan yang hari ini dilepas kelak akan menjadi besar dan berkembang blak dengan baik,”harapnya.

Oleh sebab itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Tulang Bawang agar terus menerus menjaga keberlangsungan ekosistem dengan menghindari menangkap ikan mengunakan peralatan terlarang.

Jika nantinya sambung Arinal ditemukan oknum yang melakukan pelanggaran maka jangan salahkan Pemerintah jika akan membelakukan tindakan tegas.

“Bila perlu kasih shok terapi ditangkap dan diserahkan kepada petugas,dihukum sesuai peraturan yang berlaku,yang jelas tidak ada ampun bagi pelaku yang sengaja merusak ekosisistem sungai,”tandasnya.

Kegiatan Normalisasi dan pelepasan 100 Ribu Bibit Ikan di way Tulang Bawang terdiri dari 30 ribu bibit ikan Lele,30 ribu bibit ikan Nila,20 ribu bibit Patin,10 ribu bibit Baung,dan 10 Ribu bibit Ikan Jelabat.(Fs-Murni)

Posting Terkait