Pemprov Dukung Way Kanan Wujudkan Swasembada Perkebunan

Pemprov Dukung Way Kanan Wujudkan Swasembada Perkebunan

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, memberikan bantuan untuk meningkatkan hasil perkebunan kepada Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya didampingi jajaran pegawai Pemerintahan Kabupaten, Selasa (23/1/2018). Foto: Ist

WAY KANAN – PEMERINTAH Provinsi Lampung memberikan bantuan rawat ratoon tebu 1000 hektare, rehabilitasi lada 200 hektare, dan Grab Leader tebu 2 unit kepada Pemerintah Kabupaten Way Kanan sebagai bentuk penghargaan atas komitmen dalam memajukan perkebunan di wilayahnya.

“Alhamdulilah, kita mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung, untuk mendukung produktivitas, agar lebih meningkat hasilnya,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Waykanan, Bani Aras, Selasa (23/1/2018).

Memajukan perkebunan merupakan prioritas utama dan bisa mendukung program-program pemerintah pusat di daerah, seperti memajukan kopi, lada, dan tebu.

Baca Juga:  Begini Cara Unik Bachtiar Basri Serap Aspirasi Warga

Hal itu bertujuan untuk mewujudkan daerah yang memiliki hasil perkebunan yang besar. Sehingga tercipta swasembada hasil perkebunan.

Bantuan rawat ratoon tebu 1000 hektare senilai Rp 3,1 M berada di Kecamatan Pakuon Ratu, Negeri Besar, dan Negara Batin.

Sedangkan untuk rehabilitasi lada 200 hektare senilai Rp 790 juta dilakukan di 6 kecamatan, Gunung Labuhan, Baradatu, Banjit, Kasui, Rebang Tangkas, dan Blambangan Umpu.

Dan bantuan Grab Leader sebanyak 2 unit dengan nilai Rp 2,1 M akan ditempatkan di daerah yang memiliki lebih banyak lahan perkebunan tebu.

Baca Juga:  Wagub Lampung Lantik 86 Kepala SMA/SMK

“Untuk pemusatan bantuan dari pemerintah Provinsi Lampung seperti rawat ratoon dan Grab Leader ini dilakukan di 3 kecamatan yaitu Negara Batin, Pakuon Ratu, dan Negeri besar. Karena di sinilah jumlah lahan perkebunannya yang luas,” jelasnya.

Bani Aras mengharapkan seluruh masyarakat bisa memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya dan mengucapkan terimakasih banyak atas kepedulian, perhatian terhadap hasil–hasil perkebunan yang ada di Kabupaten Waykanan.

Dan ke depannya, semoga ada bantuan alat perkebunan di tahun 2018 ini.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, mengatakan bantuan yang diberikan untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas serta kualitas komoditi tanaman perkebunan, khususnya terkait produk pasca panen.

Baca Juga:  Perkuat APIP Untuk Pengawasan Inspektorat

Untuk tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan kurang lebih Rp 5,9 M guna mendukung pertumbuhan tebu dan lada.

“Gubernur  telah menetapkan program-program pembangunan yang pro rakyat termasuk di subsektor perkebunan Lampung,” jelasnya.

Lampung merupakan daerah yang sangat sesuai untuk pengembangan dan pembangunan subsektor perkebunan dengan berbagai komoditinya. Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar produksinya lebih berkualitas.

Potensi perkebunan yang dikembangkan di masing-masing daerah, saat ini, sangat besar karena Pemprov Lampung melalui Dinas Perkebunan dan Perternakan terus berkomitmen untuk memberikan perhatian dengan menyalurkan bantuan untuk peningkatan hasil panen perkebunan tebu dan rehabilitasi lada. (*)

Bachtiar Basri Dinas Perkebunan Swasembada Perkebunan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan