Pemprov Lampung Fokus Konektivitas Jalan Industri

Perbaikan ruas jalan Simpang Kiluan sampai menuju Simpang kota agung. (Foto ist)

BANDARLAMPUNG—Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun ini mengebut pembangunan jalan provinsi yang  memperhatikan konektivitas pada pusat-pusat kegiatan dan industri sebagai penggerak ekonomi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung Budi Darmawan menuturkan, untuk mendukung visi Gubernur Lampung seperti yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah (RPJMD) 2015 – 2019, konektivitas wilayah dan pembukaan daerah terisolir menjadi salah satu isu strategis pembangunan daerah yang harus diutamakan.

Baca Juga:  Pemprov Lampung dan OJK Percepat Akses Keuangan

“Tahun ini, Dinas PU-PR mempunyai target kemantapan jalan provinsi sepanjang 1.354,618 Km atau sebesar 80% dari total panjang jalan provinsi serta meningkatkan kapasitas jalan provinsi pada 6 (enam) ruas jalan prioritas demi mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung,” ungkapnya, Selasa (20/3).

Budi memaparkan, diantara prioritas pembangunan jalan pada tahun 2018 yang diharapkan dapat tertangani maksimal karena merupakan akses utama penggerak perekonomian adalah pada ruas-ruas jalan Sp. Korpri – Sukadamai (Kab. Lampung Selatan), Padang Cermin – Kedondong (Pesawaran), Pringsewu – Pardasuka (Pringsewu), Metro – Tanjung Kari (Kab.Lampung Timur).

Baca Juga:  Pemprov Evaluasi APBD Kota/Kabupaten se Lampung

Selanjutnya daerah Pugung Raharjo – Jabung (Kab.Lampung Timur), Sp. Randu – Seputih Surabaya (Kab.Lampung Tengah), Seputih Surabaya – Sadewa (Kab.Lampung Tengah), Negara Ratu – Sp. Soponyono (Kab.Lampung Utara), Negara Ratu – Sp. Tujok (Kab.Lampung Utara), Penumangan – Unit VI (Kab. Tulang Bawang Barat), Sp. Unit VIII – Gedong Aji (Tulang Bawang), Gedong Aji – Umbul Mesir (Tulang Bawang), Pakuan Ratu – Bumiharjo (Kab. Way Kanan), Sp. Pematang – Brabasan (Kab.Mesuji) dan Brabasan – Wiralaga (Kab.Mesuji).

Baca Juga:  Pemprov Lampung Terus Upayakan Transformasi Kawasan Potensial

Untuk kepentingan pengembangan pariwisata, ruas jalan Lempasing – Padang Cermin dan Padang Cermin – Sp. Teluk Kiluan di Kabupaten Pesawaran akan tetap diberikan porsi utama di tahun 2018 ini.

“Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk melakukan percepatan pencapaian target kondisi mantap sebesar 85% pada akhir tahun 2018,” kata Budi.

Menurut dia, kenaikan jalan mantap sebesar 77,04% di tahun 2017 lalu dihasilkan dari berbagai kegiatan pembangunandan pemeliharaan jalan yang telah dilakukan pada tahun lalu yakni sepanjang 339,93 Km.(*)

4,927 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Konektivitas Jalan Industri Pemprov Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan