Pemprov Lampung Gagas Era Baru Penjualan Kopi

ist

LIWA—Pemprov Lampung membuat terobosan baru dalam penjualan hasil panen petani kopi di Lampung. Selain memberikan bantuan alat untuk pengolahan produk pasca panen, pemerintah juga menggandeng eksportir kopi untuk membeli langsung kopi dari petani.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung Dessy Desminar Romas mengatakan, pihaknya menggandeng PT Louis Dryifus, selaku eksportir kopi untuk membeli langsung dari petani di Lampung Barat disela acara Festival Kopi 2018.

Baca Juga:  Pemprov Promosikan Kopi Lampung ke Mancanegara

“Dalam Festival Kopi 2018 terjadi ekspor kopi perdana milik petani ke negara di Eropa dan Amerika sebanyak 20 ton atau satu container,” ujarnya.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan ekspor pertama petani kopi yang langsung melalui eksportir dan langsung pengiriman ke luar negeri. Dengan adanya pembelian melalui petani ini memutus mata rantai yang prosesnya begitu panjang.

“Para eksportir kopi sudah sewajarnya membeli hasil panen kopi kepada petani, tidak melalui gudang atau tempat penampungan kopi. Selain mendapatkan harga yang lebih murah juga dapat memperoleh kopi dengan kualitas yang baik. Tentunya, petani kopi juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar,” ungkapnya.

Baca Juga:  Konjen Marseille Berharap Kopi Lampung Bisa Masuk Ke Perancis

Ia juga mengimbau kepada seluruh petani kopi agar bisa membuat gabungan kelompok tani (Gapoktan), dengan tujuan untuk menambah jumlah kopi yang dapat diekspor.

Bahkan ke depan bisa membuat suatu lembaga atau organisasi berbadan hukum agar bisa melakukan ekspor kopi tanpa perantara perusahaan, ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat karena harga jual lebih tinggi.

Baca Juga:  Hari Kopi Ajang Naikan Gengsi Kopi Lampung

“Kalau sudah memiliki suatu kelompok yang berbadan hukum bisa mengirim sendiri tanpa perusahan, karena jumlah tonase kopi lebih banyak dibandingkan perseorangan,” kata Dessy.

Setelah Lampung Barat nanti ke depan seperti Kabupaten Waykanan, dan Kabupaten Tanggamus juga harus bisa mengikuti jejak petani Lampung Barat untuk ekspor kopi ke luar negeri.(*)

ekspor kopi lampung eksportir kopi lampung Kopi lampung

Posting Terkait