Pemprov Lampung Percepat Akses Listrik di Semua Desa

Foto: Ist/ilustrasi

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggandeng Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) untuk mempercepat akses listrik di semua desa. Program “Lampung Terang” berhasil mewujudkan target rasio elektrifikasi dan rasio desa teraliri listrik mencapai 100 persen pada 2018.

“Saya berharap beberapa desa yang sebelumnya ditargetkan teraliri listrik di tahun 2018 bisa dimajukan di tahun 2017, dan semua desa di Lampung sudah teraliri listrik pada 2018,” kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Masyarakat Gunung Agung Keluhkan Pelayanan PLN

Sebelumnya Pemerintah Daerah bersama PT PLN Distribusi Lampung telah merancang percepatan Lampung Terang 2019 bersama investor. Target tersebut lebih cepat terwujud berkat kerja sama dan sinergi Pemerintah Provinsi Lampung dengan pemangku kepentingan lain.

Program “Lampung Terang” tidak hanya menjangkau desa-desa terpencil, tetapi juga pulau-pulau, yang sekaligus mendukung pengembangan potensi wisata bahari. Di antaranya, di Pulau Pahawang, Pemda bersama PLN wilayah Distribusi Lampung telah melakukan penyalaan listrik perdana menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sejak 2017.

Baca Juga:  Listrik Padam Gegara Pasokan Batubara Mandeg

Ini merupakan salah satu program inovasi pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat, untuk mewujudkan tersedianya listrik di daerah perdesaan dan kepulauan.

Selain itu, program Lampung Terang juga mengakomodir keperluan investasi dan kawasan indusri, guna mempercepat tumbuhnya perekonomian daerah. Program tersebut terintegrasi dengan perencanaan pengembangan kawasan ekonomi, kawasan industri, pengembangan Kota Baru, dan pembangunan daerah lainnya. (*)

Lampung Terang PLN Ridho Ficardo

Posting Terkait