Pemprov Lampung Salurkan 30 Ton Beras Murah

Ilustrasi (ist)

BLAMBANGANUMPU—Pemerintah Provinsi Lampung menggelar operasi pasar (OP) beras di Pasar Baradatu Way Kanan, Senin (22/1). Program ini sebagai langkah solutif untuk menstabilkan harga beras yang sedang mengalami lonjakan sejak awal tahun.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Ferinya menuturkan,  operasi pasar ini akan diadakan selama dua hari di Kecamatan Baradatu dan di Kecamatan Blambangan Umpu.

“Untuk Kabupaten Waykanan kita siapkan kurang lebih 26 – 30 ton. Kalau masih kurang akan kita tambah lagi. Untuk jumlahnya dalam satu hari Bulog mengeluarkan 13 ton dengan ukuran beras 5,10 dan 15 kilogram,” paparnya.

Baca Juga:  M Ridho Ficardo Salurkan 10 Ton Beras Murah di Tulang Bawang

Pada tahun 2018 ini, Bulog kembali menggelar OP CBP dari 15 Januari – 31 Maret 2018 ini dengan jumlah 6.000 ton dan yang sudah didistribusikan mencapai 1.566 ton.

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri menuturkan, pemerintah menyiapkan pasokan beras murah kualitas medium yang diambil dari Gudang Bulog. Operasi pasar ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat setempat, menyusul tingginya harga beras medium di daerah itu yang menyentuh angka Rp13 ribu/kg.

Dalam operasi pasar ini, beras medium bersubsidi dijual dengan harga Rp8.500/kg. Harga tersebut lebih rendah daripada harga yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yaitu Rp9.350. Adapun beras yang dipasarkan menggunakan beras cadangan pemerintah, yakni beras Bulog.

Baca Juga:  Wakil Gubernur Bachtiar Basri Salurkan 15 Ton Beras di Pesawaran

Operasi pasar akan berlangsung sampai 31 Maret 2018. Beras yang dipersiapkan mulai dari berat 5 kg hingga 15 kg. Beras ini dapat dibeli pada toko-toko beras yang memiliki label Bulog.

“Operasi pasar cadangan beras pemerintah kita operasikan mulai Senin (22/1) dan merupakan jawaban konkrit Pemerintah Provinsi Lampung terhadap melejitnya harga beras,” ujar Bachtiar.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengatakan, hadirnya beras subsidi yang diberikan Pemerintah Provinsi Lampung ini sangat membantu masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang ada di Way Kanan.

Baca Juga:  M Ridho Ficardo Salurkan 10 Ton Beras Murah di Tulang Bawang

“Saya mewakili masyarakat Way Kanan mengucapkan ribuan terimakasih atas operasi pasar yang dilakukan pemerintah Provinsi Lampung. Karena luar biasa memang harga beras medium di Waykanan harganya sudah menyentuh angka Rp11 ribu hingga Rp13 ribu/kg,” kata Adipati Surya.

Dengan hadirnya beras subsidi yang dijual Rp8.500/kg, Adipati berharap bisa menstabilkan perekonomian masyarakat.

“Kami mendoakan Pak Gubernur dan dan Wagub sehat selalu dan bisa melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung,” kata Adipati.(*)

beras murah operasi pasar lampung

Posting Terkait