Pemprov Percayakan BPS Soal Data

Taufik Hidayat. (Ist)

Bandarlampung – Pemerintah provinsi Lampung mempercayai data statistik yang disajikan Badan Pusat Statistik merupakan produk yang valid dan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam memoniror dan mengevaluasi hasil kinerja pembangunan daerah.

Asisten II Pemprov Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Taufik Hidayat menjelaskan BPS merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan data statistik terkait sosial, ekonomi, dan politik. Lembaga profesional itu patut menjadi bahan rujukan dari hasil data yang dikeluarkannya.

Baca Juga:  Hunian Kamar dalam Tren Positif

“Apapun yang dikeluarkan BPS, baik datanya positif maupun negatif harus dipeecayai dan menjadi bahan evaluasi kami untuk memperbaiki dan meningkat pembangunan. Sebab, BPS punya profesionalitas dibidangnya,” kara Taufik usai seminar memperingati Hari Statistik Nasional di Swiss-belHotel, Kamis (27/9).

Terlebih, lanjutnya, saat ini pemerintah pusat memprogramkan satu data, yaitu pengambilan kebijakan berdasarkan data dan satu-satunya lembaga profesional yang dapat menyajikan data itu adalah BPS.

Baca Juga:  Sekda Klaim Kemiskinan di Waykanan Turun

“Lembaga yang berkompeten untuk memgeluarkan data statistik adalah BPS. Untuk itu Pemda dan BPS harus bisa terus bekerja sama untuk penyajian data dan mengembangkan komponen datanya agar statistiknya lebih detail,” ujarnya yang juga menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung itu. (*)

Bps

Posting Terkait