Pemprov Tambah Anggaran 6 Miliar Untuk Pengembangan Pasar Seni Enggal

 Pasar Seni Enggal

Pasar Seni Enggal (Ist)

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, menambah anggaran hingga Rp6 miliar, guna melakukan penataan ulang serta perubahan konsep di Pasar Seni Enggal (PSE), Bandarlampung.

Pasalnya, kondisi PSE saat ini sudah terbilang kumuh sejak peralihan kewenangan yang sebelumnya di kelola oleh Pemerintah Kota Bandarlampung (Pemkot)

Kepala Dinas Pengairan dan Pemukiman Lampung, Edarwan, mengatakan, PSE nantinya akan terkonsep sebagai pusat pendidikan, seperti, taman bermain untuk anak-anak hingga menjadi tempat sosialisasi masyarakat.

Baca Juga:  Dana Desa Dukung Penangkaran Benih Unggul Pertanian

“Konsep taman edukasi ini muncul dari pemikiran Aprilani Yustin Ficardo, agar ada tempat untuk anak-anak bermain dan belajar bersama keluarga,” kata Edarwan, di lingkungan DPRD Provinsi Lampung, Kamis (4/5).

Masih lanjutnya, proses pengembangan dan pembangunan untuk PSE sendiri akan dibagi menjadi 3 periode dan di tahun 2017 ini akan segera di tenderkan terlebih dahulu melalui RUP (Rencana Umum Pengadaan).  “Minggu depan sudah mulai kami kerjakan. Penataan tidak bisa sembarangan, karena nanti ada penambahan gedung dan penataan para pedagang” ucapnya.

Baca Juga:  MBK Hadirkan Wahana Hiburan Nestle Lactogrow

Terkait penataan pedagang, pihaknya juga akan menata ulang tempat. Karena saat ini, pedagang menjadi salah satu faktor PSE menjadi kumuh. “Coba lihat kalau malam, banyak anak-anak muda yang nongkrong. Bukan postif, justru citra negatif yang muncul,” tegas dia.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, juga telah menyiapkan rencana pembangunan Taman Pintar Bandarlampung, yang berpusat di PSE.

Baca Juga:  Ditjen Bina Marga Kecam Pemkot

Kepala Bapeda, Taufik Hidayat, mengatakan pihaknya sudah mengalokasikan dana untuk pembangunan taman pintar di tahun 2017 dengan sumber pendanaan berasal dari APBD Pemerintah Provinsi Lampung.

“Kami sudah siapkan rencana peruntukan PSE. Sekarang kemungkinan dari Biro Aset akan segera melakukan lelang. Rencananya lokasi tersebut akan dijadikan lokasi taman pintar seperti di Yogyakarta,” ujar Taufik.(ZN)

904 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pasar Seni Enggal

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan