Pendaftaran SBMPTN Resmi Dibuka

Foto (Istimewa)

BANDARLAMPUNG-Bagi siswa-siswi yang ingin meneruskan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mulai hari ini, Selasa (11/4) pukul 08.00 Wib, pendaftaran penerimaan mahasiswa PTN melalui jalur masuk Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dibuka. Pendafataran SBMPTN 2017 akan ditutup pada 5 Mei 2017 pada pukul 22.00 WIB.

“Besok pagi itu akan dimulai pendaftaran SBMPTN yang dilakukan oleh 85 PTN se Indonesia, termasuk ISI dan ISBI, ” terang Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017, Ravik Karsidi di Kantor Kemenristek Dikti, Jakarta, Senin (10/4).

Ravik menerangkan, tahun ini akan ada dua bentuk seleksi yaitu dengan CBT (Computer Based Testing) dan PBT (Paper Based Testing). Pemerintah telah menyiapkan untuk 30.000 peserta CBT yang tersebar di 75 PTN se Indonesia.

“Mengikuti kebijakan Pak Menteri (Mendikbud) kami menyiapkan 30.000 CBT (peserta) pada tahun ini. Tentu ini mengalami kenaikan karena pada tahun lalu hanya 2.500. Dengan adanya ini juga sebagai perekat bangsa, dengan CBT misalkan orang Irian ingin mendaftar PTN di Jakarta mereka tidak harus ke Jakarta,” jelas Ravik.

Baca Juga:  Tes SBMPTN Gunakan PBT dan CBT

Ujian tulis dilakukan tanggal 16 Mei 2017, sedangkan ujian keterampilan tanggal 17 Mei 2017. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN pada tanggal 13 Juni 2017.  Untuk Informasi resmi terkait SBMPTN 2017 dapat diakses melalui https://sbmptn.ac.id atau di media sosial Twitter: @SekreSBMPTN dan Facebook: Facebook.com/SekreSBMPTN.

Sementara Dirjen Belmas Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan ada program Bidikmisi untuk peserta yang tidak mampu. Peserta harus mendaftar pada https://belmawa.ristekdikti.go.id. “Tahun ini ada kuota 80.000 yang akan kami (ristekdikti) biayai untuk pendaftaran SBMPTN dan kalau lolos seleksi uang kuliah sampai sarjana juga akan ditanggung,” ujar Intan Ahmad.

Baca Juga:  DPRD Dukung Langkah Pemprov Lampung Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sebelumnya seleksi SNMPTN 2017 telah dimulai sejak 14 Januari 2017 lalu. Pengumuman seleksi SNMPTN dilakukan pada tanggal 26 April 2017 pukul 18.00 Wib melalui website https://snmptn.ac.id.

Sementara itu Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menawarkan 12 program studi yakni Teknik Geomatika, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, Teknik Sipil, Teknik Informatika. Kemudian Fisika, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, Matematika, dan Teknik Mesin.

“Kuota penerimaan mahasiswa di ITERA dari jalur SBMPTN 2017 mencapai 45% dari total penerimaan mahasiswa baru ITERA tahun 2017 yang mencapai 1.700 orang,” kata Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Mitra Djamal, Senin (10/4).

Mitra menjelaskan ITERA dan Universitas Lampung yang tergabung dalam Panitia Lokal (Panlok) 27 akan berupaya memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada peserta SBMPTN. Agar dapat mengikuti ujian SBMPTN, calon peserta diimbau untuk mengikuti tahapan dan prosedur yang ditetapkan.

Baca Juga:  SBMPTN Unila Libatkan 800 Pengawas

Pertama, calon peserta harus mengisikan data nama dan tanggal lahir pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP), Personal Identification Number (PIN), dan Slip Pembayaran. Setelah itu, calon peserta harus melakukan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp200 ribu di salah satu bank mitra (Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN) dengan membawa slip pembayaran.

Pembayaran biaya seleksi ini harus dilakukan dalam waktu 3 x 24 jam sejak pencetakan Slip Pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat melanjutkan proses pendaftaran di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. “SBMPTN 2017 hanya dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat, termasuk paket C,” ujar Mitra. (LP)

724 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pendidikan SBMPTN 2017

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan