Pendapatan Rumah Tangga di Lampung Meningkat

BANDARLAMPUNG–Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, kondisi ekonomi konsumen Lampung pada triwulan IV 2017 mengalami peningkatan dibanding triwulan sebelumnya. Ini berdasarkan data nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi Lampung Triwulan IV-2017 sebesar 110,49.

Menurut Kepala BPS Lampung, Yeane Irmaningrum, meningkatnya kondisi ekonomi Lampung disebabkan kenaikan pendapatan yang diikuti kenaikan volume konsumsi barang/jasa, serta tidak ada pengaruh inflasi terhadap konsumsi.

Survei Tendensi Konsumen (STK) triwulan IV-2017 melibatkan sebanyak 14.600 rumah tangga. Responden STK triwulan IV- 2017 di Provinsi Lampung sebanyak 300 responden, dipilih pada strata blok sensus kategori sedang dan tinggi berdasarkan “wealth index“, dan merupakan subsampel dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) khusus di daerah perkotaan.

Pemilihan sampel dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antarwaktu.

Pada saat yang sama juga dilakukan penyempurnaan kuesioner dan cara penghitungan indeksnya. ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan triwulan mendatang.(*)

 

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan