Pengelolaan Pariwisata di Tulangbawang Belum Maksimal

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, mengaku jika dibeberapa tempat yang memiliki potensi Pariwisata lokal dikabupaten tulangbawang belum sepenuhnya dimaksimalkan atau dikelola dengan baik untuk dijadikan tempat tujuan Wisata.

Padahal kata Winarti,jika lokasi potensi wisata diklola dengan baik pasti akan menarik minat investor untuk berinvestasi menjadikan tempat -tempat tersebut menjadi yang bisa menarik Wisatawan lokal maupun luar daerah.

Menurut Winarti dikabupaten tulangbawang sangat banyak lokasi menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat potensi pariwisata seperti situs Candi di cakat raya,rawa pacing,tempat berbagai spesies burung langka, rawa bawang latak, dan bujung tenuk,pulau daging dimenggala.

“Tempat-tempat ini sangat bagus dan menarik karena memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa namun karena kurang maksimalnya pengelolaan serta minimnya promosi sehingga belum dapat menarik minat wisatawan untuk mendatanggi tempat tersebut sebagai tempat tujuan wisata, “aku Winarti, saat membuka malam grand final pemilihan muli menghanai Tulangbawang Tahun 2018 yang berlangsung di Water Boom Tirta Garden, Unit I, Kecamatan Banjar Margo, Rabu (11/7/18).

Turut hadir Ketua DPRD Tulangbawang Sofi’i SH, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Saluddin, Asesor Kompetensi dan Konsultan SDM Bidang Pariwisata Asharie Kadir, Budayawan Lampung, Pengurus MPAL dan Dekranasda Lampung, Alpian, Tenaga Pengajar Indonesian Hotel School, Asesor Kompetensi SDM Pariwisata Lampung Anto, Koreografer dan Tenaga Pengajar CAT Lampung, dan Putri Indonesia Provinsi Lampung tahun 2017 Sesiliya Elvira, Perwakilan Kodim 0426, Perwakilan Polres dan Lanud Pangeran M Bunyamin Tulangbawang.

Ditegaskan Winarti, tujuan event pemilihan Muli Menghanai tulangbawang untuk mencari bibit dan mengali bakat handal seluruh muli menghanai setulangbawang yang nantinya dipercaya bisa menjadi duta wisata berperan aktif mempromosikan Wisata, Budaya, maupun produk-produk asli tulangbawang.

Dengan begitu lanjut Winarti, kabupaten tulangbawang akan lebih dikenal keberadaan dan kemajuanya serta daya tariknya dimata wisatawan lokal maupung wisatawan asing.

“Event pemilihan muli menghanai ini bukan kegiatan seremonial, siapapun pemenangnya harus bisa dan mampu menjadi duta pariwisata dengan mempromosikan tulangbawang sebagai tempat tujuan wisata dan mencari,menarik para investor agar masuk ketulangbawang untuk berinvestasi,dengan begitu tulangbawang akan lebih maju, terkenal dan pastinya akan berdampak terhadap kemakmuran masyarakat, “ingatnya.

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Yeni Karmini Utari, menjelaskan  dari enam puluh finalis yang mengikuti untuk unjuk kebolehan tersebut, sebelumnya telah mengikuti tahapan penilaian, baik secara tes tertulis ataupun talent show.

“Berbagai tahapan telah dilaksanakan ini

malam Grand Final pemenang diambil 3 pasang muli menghanai yang terbagi menjadi 3 kriteria juara pertama, kedua dan ketiga, ketiga pemenang nantinya akan mewakili kabupaten Tulangbawang untuk maju dalam pemilihan muli menganai tingkat Provinsi Lampung,”singkatnya. (Fs-Mr)

419 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

wisata tulang bawang

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan