Pensiunan PNS Dapat THR Selama Pegang SK

Ilustrasi.(net)

BANDAR LAMPUNG – KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menyatakan seluruh pensiunan PNS dapat tunjangan hari raya (THR). Ini menyikapi keluhan suami istri pensiunan PNS di Kalimantan Selatan, yang hanya istri saja dapat THR.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono menyampaikan jika pensiunan PNS sudah menerima SK (Surat Keputusan) Pensiun, maka dipastikan berhak mendapat THR, tak terkecuali suami istri.

“Selama dia mendapatkan SK Pensiun, berarti dia sah sebagai pensiunan ya. Terus dia sudah mendapatkan pensiun selama ini, itu mestinya dia dapat (THR),” katanya seperti dikutip dari Detikcom, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Baca Juga:  Lampung Masih Tunggu Surat Resmi Gaji 13

Artinya jika suami istri tersebut resmi telah memperoleh SK Pensiun, maka tidak ada alasan jika hanya salah satunya yang diberi hak mendapat THR.

“Kalau dua duanya terima surat pensiun berarti dua duanya itu menerima (THR),” terang Marwanto.

Nah, yang dilarang adalah seoarang pensiunan PNS menerima lebih dari satu THR, karena dulu pernah mengisi beberapa jabatan di instansi berbeda.

Baca Juga:  Kemenkeu Rilis Aplikasi Pendukung Pengadaan Barang Dan Jasa

“Kalau satu orang menerima beberapa pensiun karena jabatannya misalnya dulu pernah jadi apa, jadi apa, terus pensiun, nah itu dia cuma dapat satu pensiun yang paling tinggi,” ujarnya.

Jika satu PNS menerima lebih dari satu THR, maka sisanya harus dikembalikan ke negara.

“Yang harus dikembalikan itu adalah yang satu orang dia misalnya jadi guru ya. Terus kemudian dia jadi pejabat apa misalnya jadi DPRD, misalnya gitu kan, dua duanya dapat pensiun kan itu. Nah itu harus satu yang dibayarkan pensiun, hanya satu, sumber satu saja,” tambahnya. (*)

2,903 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Kemenkeu Pensiunan PNS THR

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan