Penyelenggaraan Konsultasi Regional PDRB-ISE ajang Perkenalkan Potensi Lampung

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Taufik Hidayat.

BANDARLAMPUNG -Diselenggarakannya kegiatan Konsultasi Regional Produk Domestik Regional Bruto dan Indikator Sosial Ekonomi (PDRB-ISE) se Wilayah Sumatera 2018, yang digelar di Provinsi Lampung, bisa juga dijadikan ajang promosi produk unggulan daerah ini kepada para peserta yang berasal dari luar Sumatera maupun secara nasional.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/11).

” Lampung sekali dalam kapasitasnya selaku tuan rumah mengharapkan selain bertukar informasi berdiskusi dalam menanggapi isu-isu pembangunan melalui data-data yang ada, juga mengenalkan potensi Lampung lebih kepada saudara-saudara kita kepada Provinsi di Sumatera, yang hal itu juga dilakukan oleh Provinsi lainnya ketika menjadi tuan rumah” ujarnya.

Taufik menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan berkala setiap tahunnya di daerah yang berbeda ini, bertujuan untuk mewujudkan keselarasan kesetaraan dan keterpaduan perencanaan antar wilayah dan antar sektor pembangunan.

Baca Juga:  Pemprov Percepat Operasional PT Jamkrida Topang UMKM

Membangun jaringan dan kerjasama antar Provinsi dalam pengembangan dan pemanfaatan data statistik bagi perencanaan antar wilayah guna menciptakan ekonomi yang berkeadilan.

Optimalisasi indikator atau instrumen statistik yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan daerah dan regional.

Pembahasan isu-isu ekonomi yang membutuhkan sinergi pembangunan antar wilayah untuk mengantisipasi tantangan dan masalah ekonomi nasional kekinian.

Perencanaan itu sangat tergantung kepada data yang dicatat oleh BPS, Pertumbuhan ekonomi juga dikoordinasikan oleh Bank Indonesia, sedangkan Bappeda menggunakan data tersebut untuk pembangunan di daerah. Oleh karenanya ketiga lembaga tersebut mengadakan pertemuan setiap tahunnya.

Dalam pertemuan ini juga mengundang perwakilan dari Bapennas, BI pusat, BPS Pusat, dan stakeholder terkait. Tujuannya ialah untuk mendengarkan arahan informasi terkini Indonesia, bagaimana indikator-indikator ekonomi dan sosial, dan ini perlu disikapi oleh setiap masing-masing daerah.

Pertemuan ini juga membahas situasi ekonomi global, maupun nasional, oleh karena itu daerah di Sumatera harus mempunyai sikap seperti apa perencanaan kedepan dari data-data yang berkembang selama ini.

Baca Juga:  Lampung Pelopor Pemakaian Aplikasi e-Planning dan e-Budgeting

Sasarannya ialah supaya kondisi ekonomi di Lampung juga bisa menyesuaikan, terhadap data-data yang di ungkapkan dipertemuan tersebut.

Provinsi Lampung tetap memiliki tiga kluster pembangunan yang selaras dengan program-program pusat yang ditempatkan di daerah.

Pertama jelas Lampung tetap berupaya menjadikannya sebagai mandatoring ketahanan pangan, karena daerah ini penghasil pangan mulai dari pertanian hingga peternakan, dan bukan hanya untuk wilayahnya sendiri, tapi juga nasional.

Sesuai dengan letak Lampung, pintu gerbang Sumatera, dari potensi pertanian perlu dilancarkan untuk menopang ibukota, Lampung ditempatkan bendungan yang merupakan program dari pusat, sebagai upaya pemerintah meningkatkan produktifitas pertanian di Lampung.

Selanjutnya di sektor Industri yang sedang akan di bangun adanya jalan tol, kereta api, pelabuhan bakauheni, yang juga bisa menambah daya saing Provinsi Lampung.

Berikutnya pariwisata, karena destinasi wisata Lampung cukup bagus, baik laut maupun darat seperti, Way Kambas, Bukit Barisan Selatan, ditambah lagi program-program strategis nasional yang ada di Lampung, bandara, jalan tol pelabuhan ekskutif Bakauheni, itu memudahkan wisatawan datang ke Lampung, dan itu diharapkan semua itu menjadi penunjang ekonomi Lampung kedepan.

Baca Juga:  Potensi Lampung Bahan Jualan ke Investor

Untuk saat ini pertumbuhan ekonomi Lampung, selama tiga tahun belakangan lebih tinggi di atas rata-rata nasional, dan ini akan dipertahankan serta dikembangkan.

Beberapa daerah di Sumatera tidak semua pertumbuhan ekonominya tinggi, dan ini yang akan di komunikasikan dengan masing-masing daerah dengan cara melakukan diskusi, dan memberikan data-data apa yang dibutuhkan oleh provinsi lain, khususnya yang ada di Sumatera.

Untuk menindaklanjuti hal-hal yang perlu dikerjasamakan baik antar provinsi yang berbatasan dengan Lampung wilayah lainnya di Sumatera yang dalam hal itu terdapat juga forum antar gubernur di Sumatera.

“Dalam pertemuan ini kita bertukar informasi bertukar data, dan menangkap isu-isu apa yang perlu disikapi yang disampaikan oleh pemerintah pusat,

Apa yang perlu disikapi, apa yang perlu di antisipasi segera mungkin, dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang” tutupnya. (IH)

Konsultasi Regional PDRB-ISE PDRB-ISE Pemprov Nov Potensi Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan