Peringati Hari Liingkungan Hidup, DLH Tulangbawang Bagikan Ratusan Bibit Buah

MENGGALA – Peringati Hari Liingkungan Hidup sedunia 2018, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pemkab tulangbawang mengadakan upacara sekaligus membagikan ratusan bibit tanaman buah kepada masyarakat dan sekolah-sekolah sadar akan kelestarian lingkungan.

Mewakili Bupati tulangbawang Asisiten tiga Tamami Akif mengatakan jika pemkab tulangbawang terus berkomitmen mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Sebab kata tamami dengan selalu intens menjaga kebersihan lingkungan masing-masing maka otomatis kesehatan lingkungan akan selalu terjaga dengan baik.

“Kelestarian lingkungan bukan hanya tugas pemerintah tetapi ini menjadi tugas kita bersama bagaimana masyarakat ikut berperan serta dengan dimulai dari lingkungan masing-masing ,kita harus berikan contoh terhadap generasi agar kelak generasi kita selalu tanamkan kebersihan, “papar Tamami saat menjadi pemimpin upacara peringatan hari lingkungan hidup sedunia. 17/07.kemarin.

Dijelaskan Tamami demi terwujudnya lingkungan sehat dan bersih tahun ini pihak Pemkab Tulangbawang menjadikan program Tuba Tebar Sihijau menjadi program skala prioritas.

Baca Juga:  DLH Rakor Grebeg Sampah

Hal tersebut kata tamami diimplenmentasikan tahun 2018 ini sebanyak 15 Kampung seTulangbawang akan dijadikan sebagai kampung berwawasan wisata lingkungan.

“Karena dalam tahun ini kami akan merekrut di setiap kecamatan se Tulangbawang untuk mencari dan sekaligus  menjadikan kampung layak huni dan bersih akan lingkungan dari masing – masing perwakilan Kecamatan di Tulangbawang,” katanya pada saat memimpin kegiatan upacara besar dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di lapangan Pemkab Tulangbawang kemarin selasa (17/07).

Dimana Tamami menerangkan hal tersebut dilakukan selain guna mencapai program utama pemerintah pusat dalam merealisasikan program lingkungan hidup sedunia pada tahun ini sesuai dengan peringatan pada hari lingkungan sedunia.

Tujuan dari program tersebut juga Lanjut Tamami guna merealisasikan program utama Pemkab Tulangbawang yakni dalam menargetkan program Kampung Wisata kawasan lingkungan bersih dan sehat.

Baca Juga:  DLH Rakor Grebeg Sampah

“Karena terus terang saja target kami terkait dengan lingkungan yakni kami menargetkan di masing- masing kampung yang ada di 15 Kecamatan se Tulangbawang memiliki kampung kawasan wisata lingkungan khususnya dalam tahun 2018 ini,” terangnya.

Sedangkan Tamami menjelaskan masih berkaitan dengan target kampung kawasan wisata lingkungan tersebut dalam tahun ini juga pihaknya menargetkan jika program tersebut harus terdapat sebanyak 15 Kampung Wisata lingkungan.

Karena Sambung Tamami di daerah Tulangbawang memiliki sebanyak 15 Kecamatan se Tulangbawang dengan terbagi sebanyak 147 Kampung yang tersebar di se Tulangbawang.

“Jadi karena kita memiliki 15 Kecamatan maka otomatis kita juga dalam tahun ini harus memiliki 15 Kampung Wisata lingkungan bersih dan sehat sesuai dengan target kami,”imbuhnya.

Baca Juga:  DLH Rakor Grebeg Sampah

Semenatara ditempat bersamaan Sekretaris DLH Tulangbawang Ristu Irham menambahkan jika guna mencapai target program Kampung Wisata tersbeut pihaknya akan melakukan penyebaran penanaman bibit pohon – pohon yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria Tulangbawang.

Karena Lanjut Ristu penanaman bibit pohon tersebut bukan saja akan di taman ataupun di sehat di sebatas kampung saja akan tetapi di setiap sekolah sd dan smp juga akan di Tebar bibit pohon.

“Sebab tujuan dari program ini bukan saja untuk menargetkan program Kampung Wisata lingkungan akan tetapi guna mendukung penuh program BMW kedepan,adapun bibit yang kami berikan semua berjenis tamanam buah, mulai dari Mangga, Manggis, Jambu,Gandaria,dan Asem Kembang, selain itu kami juga memberikan sejumlah alat kebersihan, “pungkasnya. (Fs-Mr)

dinas lingkungan hidup

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan