Peringati HDKD ke-74, Jajaran Lapas Kotaagung Daki Gunung Tanggamus

 

Chandra | Fajar Sumatera

 

KOTAAGUNG  – Jajaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kotaagung sore ini, melakukan pendakian ke Gunung Tanggamus, dalam rangka Hari Dharma Karyadhika (HDKD)ke74 tahun 2019, dipimpin langsung Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman.

Hal ini di ungkapkan Skalapas Sohibur racman saat ditemui  berada di Base Camp Sono Keling Pekon Sidokaton Kecamatan Gisting.

“Ini adalah hal yang sangat luar biasa yang dilakukan jajaran Lapas Kotaagung,” jelasnya Jumat (18/19) sore.

Lebih lanjut Sohibur Rachman menatakan sebenarnya puncak acara HDKD Kemenkum-HAM pada tanggal 30 Oktober menadatang, banyak kegiatan yang di program oleh pusat diantaranya bakti Masyarakat, Bakti sosial, Anjangsana, Fun Bike, jalan santai dan lain-lain. Serta Lastagung sendiri mengadakan kegiatan berbeda dari biasanya yaitu melakukan pendakian ke Gunung Tanggamus,ucapnya.

Baca Juga:  30 Napi Wayhui Pindah ke Lapas Kotaagung

“Tanggamus ini bukan Gunung Berapi dengan mempunyai ketinggian 2.101 MDPL ini menjadi tantangannya, bahkan saya telah cek sebagian anggota Lapas ada yang belum pernah naik gunung, kami termotivasi itu, setelah sampai puncak nanti dirinya bersama jajaran akan menancapkan prasasti di puncak gunung bahwa Lastagung pernah sampai disana, selain itu saya juga akan memberikan bagi satuan anggota kami yang masih muda ini akan diberikan tanda kehormatan yaitu Satgas Kantib sebagai bentuk perwujudan sebagai kecakapan untuk pelaksanan tugas mereka di lapangan,” terangnya.

Sohibur Rachman menambahkan Selain itu Lastagung akan juga akan melakukan penanaman pohon di Gunung Tanggamus, sebagai bakti masyarakat, ini dari Lastagung kepada negara, karena penanaman pohon adalah Sebagai sumber oksigen manusia untuk kehidupan anak cucu nantinya dapat merasakannya, Gunung Tanggamus memiliki hutan begitu alami dengan kondisi yang juga banyak sumber daya alam serta segala sesuatunya harus di bangun serta dijaga oleh masyarakat.

Baca Juga:  120 Mahasiswa Unila PKL di Lapas Kotaagung

“Hari ini kami bergabung lanjutnya dengan Tim pendamping dari KPA Birawa Adventure Tanggamus dan Himpunan Pramuwisata Indonesia dan jajaran anggota Lastagung sebanyak 40 orang, serta teman-teman kami dari jakarta kebetulan hobi melakukan mendaki gunung, kali ini mereka akan ikut merasakan keindahan alam gunung Tanggamus. Dan terpenting adalah saya ingin mengeksplore budaya alaminya, saya merasa bangga sebagian masyarakat Tanggamus, Potensinya sangatlah luar biasa megah,”sanjung Sohibur.

Ia mengharapkan, banyak pelajaran yang dapat diambil setelah melakukan pendakian ini seperti, perpaduan kerjasama Tim yang baik, sesulit apapun masalah yang akan di hadapi atau pun tantangan, akan dapat diselesaikan bersama, salah satunya adalah saling menguatkan tim work, tidak ada lagi kesenjangan antara atasan dengan bawahan,ucapnya.

Baca Juga:  Lapas Kotaagung Sosialisasi Tata Tertib Warga Binaan

“Usai kita mendaki ini pada saat tiba pendakian di Base Camp pertama, sudah tidak ada lagi namanya kalapas atau pun staf serta pejabat, semua sama dalam satu gabungan, kami ingin melihat kekuatan tim yang solid, dan kekompakan tim, nah ini yang akan kita bangun disini, karena saya juga akan merasakan dengan kondisi sama seperti membawa barang, tidak ada namanya akan di pikul oleh orang lain, ini ada event kita bersama, untuk kita dan oleh kita,”tandas  Putra Madura ini. (SB/CD)

Gunung Tanggamus HDKD Lapas Kotaagung

Posting Terkait