Perkenalkan Afat, Pemilik PT Topcars Indonesia yang Perusahaannya Muncul di Kasus Dugaan Korupsi Randis Petinggi Lampung Timur

Perkenalkan Afat, Pemilik PT Topcars Indonesia yang Perusahaannya Muncul di Kasus Dugaan Korupsi Randis Petinggi Lampung Timur

Robby Hartono alias Afat, owner dari PT Topcars Indonesia. Foto: Istimewa.

Fajar Sumatera – Kejaksaan Tinggi Lampung akan segera menyidangkan kasus dugaan korupsi pengadaan kendaraan dinas [randis] Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur.

Hal ini tergambar dari penanganan kasus yang statusnya telah dilimpahkan dari penyidik ke penuntut umum pada Senin malam, 26 Oktober 2020.

Kejaksaan Tinggi Lampung menduga, pengadaan randis jenis Toyota Landcruiser Prado dan Harier yang dilangsungkan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Lampung Timur pada tahun 2016 tersebut telah merugikan negara sebesar Rp 686.911.670.

Baca Juga:  Hasil Audit Khusus BPK Lampung Jadi Dalil ''Melawan'' Jaksa di Kasus Korupsi PT Topcars Indonesia

Pengadaan randis tersebut dimenangkan oleh PT Topcars Indonesia. Kejaksaan Tinggi Lampung menetapkan tiga orang tersangka pada kasus itu. Salah satunya adalah Aditya Karjanto [AK], dari pihak PT Topcars Indonesia.

Hasil riset Fajar Sumatera dari sumber terbuka, PT Topcars Indonesia adalah milik Robby Hartono. Ia adalah pria kelahiran Baturaja, 23 Mei 1957. Beralamat di Jalan HM Rasyad Nawawi No 504 Ilir Palembang. Ia memiliki isteri bernama Margaret Robby.

Baca Juga:  Kejati Diminta Usut Wabup Pringsewu dalam Dugaan Jual Beli Proyek

Selain memilik PT Topcars Indonesia, awal-awal Robby Hartono mendirikan perusahaan bernama PT Maju Motor Group. Perusahaan ini cukup terkenal di Palembang.

“Saya lahir dan besar di Baturaja, orang tua saya adalah penjual spare part mobil dan selama itu saya ikut sama orang tua berjualan,” kata suami dari ayah Alvin Kennedy dan Felicia Robby seperti dikutip Fajar Sumatera dari Radar Palembang.

Ia mendirikan PT Topcars Indonesia antara tahun 2010 dan 2011. Perusahaan ini didirikannya menggunakan konsep Sales, Service and Spareparts atau 3S untuk mobil yang berasal dari luar negeri kemudian diimpor dalam keadaan utuh atau Completely Built Up [CBU].

Baca Juga:  Mengapa Jaksa Yakin PT Topcars Indonesia Sengaja Dimenangkan & Perusahaan Mana Saja yang Ikut Lelang?

”PT Top Cars Indonesia berada di Jakarta bergerak penjualan 3S mobil CBU,” terang Afat panggilan akrabnya.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Kejati Lampung PT Topcars Indonesia Randis Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur

Posting Terkait