Perkuat  Ideologi Pagar Nusa Lambu Kibang Gelar Sholawat Besama Banom NU

Gati Susanto | Fajar Sumatera

PANARAGAN- Dalam rangka memperkuat ideologi dan menanamkan nilai- nilai patriotisme, Pagar Nusa Lambu Kibang menggelar Sholawat. Kegiatan dilaksanakan  di  komplek Masjid Darul Mutaqin Suku 05 Tiyuh Kibang Budi Jaya, kecamatan Lambu Kibang,  Sabtu (04/01)

Dalam sambutannya Ketua panitia Abah Romdi Ja’far Sidik mengungkapkan, acara tersebut dapat dilaksanakan berkat kerjasama yang baik anatara santri Pagar Nusa, Remaja Masjid, dan dukungan Badan Otonom Nahdhatul Ulama lainnya.

“Acara malam hari ini terlaksana berkat kerjasama para santri pagar Nusa, anggota risma darul Muttaqin,” ujarnya.

Sholawatan tersebut digelar untuk memperingati hari lahir Pagar Nusa yang ke-34.

“Pada tanggal 3 Januari merupakan harlah pagar Nusa yang ke-34. Pagar Nusa merupakan santri santriwati Nahdatul Ulama, dan malam ini sekaligus kita merayakan nya,” ungkapnya.

Sekali tiga uang Abah Romdi pun turut memperkenalkan Pagar Nusa dan mengajak putra putrinya untuk ikut mengembangkan Pagar Nusa ke jamaah yang ramai ramai memadati tempat yang disediakan sebagai seni Pencak Silat asli NU.

“Pagar Nusa tersendiri merupakan kepanjangan dari pagar NU dan bangsa. Santri dibekali pengertian, dibekali ilmu mental spiritual, Pagar Nusa dilahirkan pada tahun 1986, sebelum pagar disahkan menjadi Banom NU disebut juga Gerakan Aksi Silat Muslim Indonesia (GASMI), yang didirikan oleh Hadrotul Syech Kyai Abdullah Maksum Jauhari Lirboyo, kemudian pada masa kepimpinan KH, Abdulrahman Wahid, disetujui oleh para kyai dijadikan nama Pagar Nusa. Sebagai para kaum Nahdiyin mari mengembangkan seni silat NU ini,” Tutupnya.

Turut hadir Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama Lambu Kibang H. Syaikudin, mengapresiasi kegiatan tersebut sekaligus memberikan semangat Banom NU lainya untuk memperjuangkan NU.

“Semoga acara ini mampu memberikan semangat baru untuk para Bawan Otonom Nahdhatul Ulama, saya kira dengan suasana  yang seperti ini, prediksi 2025 nahdhotul akan bubar hanya omong kosong. mudah mudahan acara seperti ini tidak hanya berhenti disini, mari kita lanjutkan perjuangan para Ulama terdahulu dengan cara sholawat seperti ini,” Katanya.

Acara dilanjutkan dengan atraksi para satri Pagar Nusa baik putra maupun putri dari padepokan yang ada di Lambu Kibang, Gunung Terang dan perwakilan Pagar Nusa Etanol, tepuk tangan penonton bersautan sejalan dengan atraksi berlangsung. (GS)

Banom NU Gelar Sholawat Lambu Kibang Pagar Nusa

Posting Terkait