Perputaran Uang Meningkat Indikasi Ekonomi Stabil

Bank Indonesia. (net)

JAKARTA—Bank Indonesia mencatat, volume transaksi di pasar keuangan meningkat beberapa bulan terakhir pada 2018. Hal ini dianggap menunjukkan kegiatan perekonomian di Indonesia semakin tumbuh.

Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia Nanang Hendarsah menjelaskan, pada Maret 2018 perputaran uang di pasar keuangan Indonesia mencapai Rp33-35 triliun per hari, atau meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp24-25 triliun per hari.

Baca Juga:  Pelaku start-up Lampung Sambuk Baik Equity Crowfunding

Dengan meningkatnya perputaran uang tersebut, kata Nanang, berimplikasi terhadap volume pasar valuta asing (valas) di Indonesia yang juga turut mengalami peningkatan. Di mana saat ini mencapai Rp5,5 miliar sampai Rp6 miliar per hari.

Ia menilai, saat ini pasar keuangan Indonesia sudah dalam kondisi yang stabil, sehingga juga berimplikasi pada banyaknya aliran dana yang masuk atau capital inflow pada instrumen obligasi atau surat berharga negara, setelah sebelumnya di Februari ada aliran dana keluar atau capital outflow akibat guncangan eksternal.

Baca Juga:   Status Embarkasi Haji Tunggu Legalitas Kemenhub

“Jadi inflow sekarang kembali masuk ke SBN setelah di Februari ada beberapa yang keluar. Dan ini cukup baik sekarang kondisinya kita kembali ke kondisi yang stabil pasar keuangannya,” ujarnya.(*)

705 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Perputaran Uang Maret 2018

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan