Pertamina Pasok Kebutuhan LNG ke Bangladesh dan Pakistan

Ilustrasi (Ist)

Jakarta – PT Pertamina (Persero) memasok kebutuhan gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) kepada perusahaan energi Bangladesh dan Pakistan. Hal ini merupakan tindak lanjut penjajakan kerja sama yang dilakukan sebelumnya. ‎

Vice President Corporate Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, Pertamina berperan sebagai pemasok ‎LNG ke Bangladesh dan Pakistan. Ini menindaklanjuti nota kesepahaman kerja sama di bidang energi dengan Bangladesh dan Pakistan,‎ yang diinisiasi pemerintah sejak September 2017.

Baca Juga:  Harga BBM Pertamina Lebih Murah dari Negara Singapura dan Jepang

“Kesepakatan komersial tersebut, dilakukan sebagai tindak lanjut semangat kerja sama di bidang energi antara kedua negara, di mana mendapat dukungan penuh dari pemerintah,” kata Adiatma, di Jakarta, seperti dilansir liputan6.com, Kamis (1/2/2018).

Adiatma menambahkan, Pertamina akan memasok LNG ke Petrobangla perusahaan migas Bangladesh.‎ Dalam kesepakatan yang dituangkan melalui LOI binding tersebut, Pertamina akan memasok LNG sebesar 1 juta ton per tahun (million tons per annum/mtpa) selama 10 tahun.

Baca Juga:  Pertamina Tambah Pengelolaan Blok Migas di Aljazair

“Pertamina akan memasok LNG di Bangladesh, dengan volume 1 juta ton per tahun selama 10 tahun dengan nilai total US$ 4 miliar dan akan mulai disuplai pada kuartal IV tahun 2018,” tutur Adiatma.

Selain itu itu, kerja sama pasokan LNG ke Pakistan ditandai dengan penandatanganan Inter Governmental Agreement (IGA) di bidang Energi dengan Pakistan LNG Ltd, kemudan dilanjuti dengan pembahasan perjanjian jual beli LNG (Sales and Purchase Agreement/SPA LNG) yang diproyeksikan sebesar 1,5 mtpa selama 10 tahun.

Baca Juga:  Pertamina Perbaiki 5 Rumah Warga Korban Tsunami

“Jika transaksi ini terwujud, akan bernilai sekitar US $ 6.4 miliar,” tutur Adiatma.

(net/hp)

Bangladesh dan Pakistan LNG Pertamina

Posting Terkait