Pesawaran-Pringsewu Perjelas Tapal Batal

Pesawaran dan Pringsewu perjelas tapal batas.

PRINGSEWU – Pemkab Pesawaran menggagas pembahasan tapal batas antara Pekon Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu dengan Desa Gedongtataan, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran.

“Kami menerima surat dari Pemkab Pringsewu untuk membahas masalah tapal batas yang sudah di tanam sejak 2016 lalu,” kata Asisten I Pemkab Pesawaran M. Syukur, saat rapat di Balai Pekon Gadingrejo Induk, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Kamis (18/1/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dasar pembahasan mengacu pada asal mula pendirian kedua kabupaten tersebut. Pesawaran asal dokumen Lampung Selatan. Pringsewu asal dokumen dari Tanggamus.

“Kita satu rumpun. Kita hindari konflik antar warga. Kita akan buatkan berita acara. kita akan koordinasi atas titik koordinat yang ada, secara formal kami harapkan kita bekerja sama yang baik. Dan, untuk palaku sejarah harus kita hadirkan dan BPN atau yang terkait zona kewilayahan,” kata M. Syukur.

Pemkab Pesawaran tidak ada niat untuk mencaplok wilayah Pringsewu. Apabila sesuai dengan ketentuan yang tertera dan di ahli sejarah maka akan dipertimbangkan sehingga dapat mendapatkan hasil yang baik dan sesuai ketentuan yang ada.

“Sepanjang jalur ini kita akan selalu koordinasi dengan setiap kepala pekon yang terkait. Kami meminta bantuan kepada kepala pekon yang terkait agar supaya meredam warganya sehingga tidak marah atau gelisah terkait adanya Patok tapal batas,” harapnya.

Kegiatan dilanjutkan bersama-sama mengecek lokasi pemasangan tapal batas yang dipasang di wilayah Dusun RW-06, Pekon Gadingrejo, tapal batas antara Gadingrejotimur dengan Desa Kutoharjo. Serta, tapal batas antara Pekon Gadingrejo Induk dengan Pekon Waylayap, Pesawaran.

Berdasarkan bukti dan data yang ada, maka batas desa yang dipasang oleh  rekanan Pemkab Pesawaran yang disaksikan oleh Kakon Gadingrejo Induk, Kakon Waylayap guna menghindari aksi yang tidak diinginkan bersama.

Rujukan rapat tersebut berdasar Surat Bupati Pringsewu tanggal 15 Januari 2018 Nomor 100/ 14 U.02/2018 Perihal Penyelesaian Tapal Batas dan Surat Camat Gadingrejo Nomor 146/13/C.04/2018 tanggal 04 Januari 2018 Perihal Permohonan  Penyelesaian Tapal Batas Pekon Gadingrejo dengan Desa Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.(DN)

658 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

tapal batas

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan