Pesona Lumba-Lumba Bersahabat di Teluk Semaka Tanggamus

Lumba lumba Teluk Semaka. (Foto Fajar Sumatera)

TANGGAMUS – Menjadi pemandangan menarik bagi nelayan di perairan teluk semaka Kabupaten Tanggamus, pasalnya saat perjalanan mereka sering disuguhkan kemunculan lumba-lumba.

Atas kemunculan lumba-lumba itu, bahkan diabadikan oleh nelayan teluk semaka sebagai kekaguman atas pesona mamalia yang menjadi ikon khas Kabupaten Tanggamus itu.

“Pesonanya luar biasa, lumba-lumba di teluk semaka. Alhamdullah bisa menyaksikan lagi,” tulis Mastank Agogo di akun jejaring sosialnya, Jumat (25/9).

Baca Juga:  Gelombang Pasang Kembali Terjadi di Teluk Semaka

Menurut dia, atas pemadangan kehadiran lumba-lumba itu, ia mengajak lainnya untuk kelaut, sebab bisa bebas berekpresi juga bisa memancing.

“Abaikan yang lagi viral. Kita kelaut aja, selain bisa bebas berekspresi dan mancing mania. Lumba-lumbanya juga keren,” posting mastank pada hari yang sama.

Berdasarkan postingan video tersebut, seekor lumba-lumba tampak akrab kepada kru nelayan, bahkan dalam beberapa menit terus mengekor didekat kapal nelayan. Bahkan seperti mendengar ketika nelayan memintanya melakukan atraksi.

Baca Juga:  Kronologi Evakuasi ABK Berkah Ilahi di Perairan Teluk Semaka

Konfirmasi langsung kepada Mastank yang merupakan warga Pekon Terbaya Kecamatan Kota Agung itu mengaku bahwa dalam beberapa terkahir bertemu dengan lumba-lumba di perairan teluk semaka.

“Lumba-lumba yang kami rekam berada di perairan teluk semaka tepatnya laut pedamaran,” kata Mastang kepada fajar Surya televisi, Sabtu (26/9/20).

Menurut Mastank, jumlah lumba-lumba cukup banyak namun hanya satu yang jinak dan bersahabat bahkan mengikuti keinginan nelayan.

“Satu yang bersahabat, ketika kami minta loncat dia meloncat dan kalo pagi bisa angkat-angkat badan,” ujarnya sambil mencontohkan menggunakan tangan.

Baca Juga:  Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Teluk Semaka, 23 ABK Selamat

Atas adanya lumba-lumba di perairan teluk semaka itu, Mastank menghimbau nelayan agar tidak menganggu aktifitas hewan mamalia tersebut. Ia juga meminta pemerintah melestarikannya sebab dapat menjadi tujuan wisata baru lumba-lumba selain di kiluan.

“Hewan mamalia tersebut cukup bersahabat kepada nelayan, sehingga perlu dilestarikan dan dijadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Tanggamus,” harapnya. (Budi hartono)

Lumba Lumba Teluk Semaka Teluk Semaka

Posting Terkait