Petani Tubaba Berupaya Wujudkan Swasembada Beras

Gati Susanto | Fajar Sumatera

PANARAGAN–Tiyuh Daya Asri, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) siap mendukung Dinas Pertanian Kabupupaten setempat mewujudkan swasembada pangan khususnya beras.

Untuk mencapai program serta target tersebut, ratusan hektar sawah mulai ditanami padi berbagai varietas. Selain itu untuk efisiensi dan percepatan musim tanam sebagian petani telah menggunakan mesin tanam bantuan dari dinas dan bukan secara manual. Demikian diungkapkan salah satu petani Tiyuh Daya Asri kecamatan Tumijajar Suwarno, S.Ag, Sabtu (18/1).

Baca Juga:  Daya Sakti Siap Wujudkan Swasembada Beras di Tubaba

“Untuk efisiensi dan percepatan tanam pada musim ini kami menggunakan alat yakni mesin tanam, hal ini kami lakukan agar selesai dengan cepat, dan kami akan terus berupaya memanfaatkan saprotan bantuan pemerindah daerah Tubaba maupun bantuan dari pemerintah provinsi Lampung,” ujarnya.

Dikatakannya, olah lahan dan olah tanam menggunakan mesin modern dampaknya sangat positif, sehingga akan menambah produktifitas pangan yang ada di Kabupaten Tubaba.

Baca Juga:  BPP Lampung Dorong Tubaba Swasembada Beras

“Kami para petani di Tubaba yang memiliki lahan perswahan, akan mengupayakan bertanam dua kali dalam setahun,” jelasnya.

Ditambahkannya, sarana dan prasarana pendukung  telah dibantu seperti mesin olah lahan, mesin tanam, sumur Bor dan embung agar mencapai dua kali penanaman.

Diketahui kabupaten Tubaba khususnya Tiyuh Daya Asri kecamatan Tumijajar  merupakan salah satu daerah sentra penghasil padi di provinsi Lampung. Maka para petani berusaha mewujudkan swasembada beras di daerah ini diatas lahan yang potensial dengan kesuburan yang tinggi. Sehingga program bupati Umar Ahmad yang akan menjadikan Tubaba sebagai lumbung pangan bisa terwujud.(GS)

Baca Juga:  Dibalik Pertanian Organik Menuju Swasembada Beras

 

Petani Tubaba Swasembada Beras

Posting Terkait