Petani Tubaba Swadaya Bangun Jembatan

Ilustrasi. (Ist)

PANARAGAN– Para petani yang ada di Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat kini merasa lega setelah jembatan yang terputus telah direnovasi. Jembatan ini sangat vital karena digunakan untuk mengangkut hasil pertanian.

Petani di lingkungan 05 Kelurahan Daya Murni membangun jembatan tersebut melalui Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) setempatdan memakai dana swadaya petani.

Ketua GP3A Dwi Tirta Daya Murni Susanto menuturkan, kerukunan warga di era perkembangan jaman yang semakin maju saat ini dimana kepentingan pribadi dan golongan lebih terasa menonjol. Ternyata petani di areal arah BDM Daya Murni terkikis habis oleh pemandangan guyub rukun para petani yang bersama-sama Ketua GP3A melaksanakan perbaikan Jalan Usaha Tani dan membuat Jembatan secara bergotong-royong..

Baca Juga:  Tulang Bawang Barat Banyak Orang Gila

Warga yang mayoritas petani di wilayah tersebut baik tua maupun muda terlihat bekerja bersama-sama dan sungguh-sungguh serta saling membantu dengan berbagai peralatan seperti, cangkul, skop, sabit dan peralatan lainnya membangun Jalan Usaha Tani dan Jembatan.

Dwi menuturkan, dengan dibangunnya Jalan Usaha Tani dan Jembatan ini akan dapat memudahkan para petani untuk mengangkut hasil sarana produksi pertanian maupun hasil pertanian ke lahan pertanian di tiga desa tersebut.

Baca Juga:  HIPMI Tubabar Gelar Lomba Burung Kicau

Dirinya berharap hasil pembangunan jalan dan jembatan  tersebut dapat meningkatan produksi pertanian dan pendapatan serta berimplikasi pada kesejahteraan warga. Namun dirinya meminta agar hasil pembangunan ini selalu dipelihara bahkan ditingkatkan.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada para petani yang dengan suka rela memberikan berpartisipasi dalam pembuatan Jalan Usaha Tani dan Jembatan ini. Selain itu kepada seluruh warga tani yang turut serta dalam kerja bhakti pembuatan jalan dan jembatan pada hari ini, kami sampaikan terima kasih,” ujarnya.

Baca Juga:  PU Tuba Ultimatum Rekanan

Selain itu, dirinya optimis jika jalan usaha tani dan jembatan sudah permanen dipastikan harga hasil pertanian khususnya padi, singkong dan jagung akan merangkak naik lantaran akses jalan sudah sangat mudah.

“Saya optimis dengan dibangunnya jalan dan jembatan ini, dapat menaikkan harga hasil pertanian, karena akses jalan sangat krusial dan kunci sukses percepatan pembangunanperekonomian,”pungkasnya.(GS)

470 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Jembatan Tulang Bawang Barat

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan