Petugas Cari Buaya yang Berkeliaran di Sungai Citarum

Petugas mencari buaya yang muncul di Sungai Citarum. (Istimewa)

Petugas gabungan, yakni personel BBKSDA Jabar, Kebun Binatang Bandung, Satpol PP Kecamatan Baleendah, Polsek Baleendah dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), turun tangan mencari seekor buaya yang muncul di aliran Sungai Citarum, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (2/6/2018).

Seperti yang dilansir dari detik.com, pencarian buaya itu dilakukan di aliran Sungai Citarum yang berada di Kampung Parung Halang, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah. Satu unit perahu karet diterjunkan, sementara sejumlah petugas menyisir pinggiran sungai untuk mencari keberadaan buaya tersebut.

Baca Juga:  Keberadaan Buaya Muara Resahkan Warga

Sebelumnya, buaya itu muncul ke atas permukaan air dan berjemur di atas endapan lumpur yang ada di Sungai Citarum hampir selama tiga jam.

Pagi hari tadi, sekitar pukul 09.00 WIB, petugas BBKSDA Jabar menemukan seekor buaya.

“Munculnya di bawah jembatan gantung. Setengah jam kemudian muncul di tengah gundukan lumpur. Kita susuri menggunakan perahu, ternyata buaya tidak ada lagi, tahu-tahu ada di seberang,” kata Nana Yutriatna, salah satu personel BBKSDA Jabar.

Baca Juga:  Buaya Muara Berjemur dengan Santai di Ujung Kulon

Nana mengungkapkan buaya itu berukuran sebesar betis orang dewasa dan memiliki panjang sekitar satu meter. “Buayanya warna kuning-hitam. Buaya ini jenis muara, berbahaya kalau buaya itu lapar,” ucapnya.

Dia menjelaskan kondisi buaya itu dalam kondisi sehat. Hal itu terlihat dari kelincahan buaya yang berpindah-pindah dari titik satu ke titik lainnya.

“Buaya ini sehat, kita mau tangkap di sini, ada di sana. Terus kejar-kejaran. Buaya ini betah di sini karena banyak ikan sapu-sapu dan ikan lelenya,” ujar Nana.

Baca Juga:  Pembersihan Sungai Citarum Disorot Dunia

Upaya penangkapan buaya ini dilakukan dengan sistem jaring. “Jika sudah tertangkap langsung dibungkus mulutnya dan diikat antara kepala dengan kaki belakangnya agar aman,” tutur Nana.

Selama sepekan ini beberapa kali buaya menampakkan diri di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Belum diketahui pasti seekor buaya yang berjemur di aliran Sungai Cisangkuy dan Citarum ini sama atau ada buaya lainnya. (net/hp)

Buaya Muara Sungai Citarum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan