Petugas Lapas dan Rutan Kotaagung Dites Urine

Budi Hartono | Fajar Sumatera

KOTAAGUNG – Dalam rangka peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) tahun 2019, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung bersama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotaagung dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanggamus melaksanakan kegiatan tes urine kepada seluruh petugas Lapas dan Rutan. Kegiatan ini di pusatkan di Poliklinik lapas setempat, Jumat (11/10).

Disela sela kegiatan tes urin yang sedang berlangsung Kepala BNNK Tanggamus Kolbidi, mengatakan, pihaknya menurunkan 10 orang staff yang tergabung dalam tim BNNK Tanggamus untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan urin dibagi para staff Lapas dan Rutan Kota Agung.

Baca Juga:  650 Guru di Lampung Barat Tes Urine

“Ini sesuai dengan permintaan dari Kalapas sendiri yang mana harinini melaksanakan tes urin. dan memang kita sudah sering bekoordinasi dalam hal tes urin dengan pihak lapas. Dan kita nyatakan siap,” ujar Kolbidi.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Kota Agung Sohibur Rachman mengatakan, kegiatan ini serentak dilaksanakan diseluruh Lapas dan Rutan yang ada di Indonesia berdasarkan surat ederan dari Kemenenterian Hukum dan Ham (Kemenkum Ham) RI dalam rangka hari Dharma Karyadhika tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2019 mendatang.

“Total petugas yang ada dilapas ini sendiri yang mengikuti jalannya tes urin sebanyak 60 petugas, dan memang ini sifatnya dadakan, karena surat ederan dari Kemenkum Ham sendiri baru kita terima kemarin pagi. Dan kegiatan tes urin sendiri untuk tahun ini sudah dua kali kita laksanakan. Harapannya semua petugas bersih dari narkoba” jelas Sohibur.

Baca Juga:  Lapas Kotaagung Gelar Lomba Tahfidz Quran

Karutan Kelas IIB Kota Agung Heri, A.Md. IP mengatakan, sebanyak 25 petugas rutan mengikuti tes urin yang digelar di Poliklinik Lapas Kota Agung hari ini. Kegiatan yang sifatnya dadakan ini semaksimal mungkin diikuti karena memang merupakan rangakian dari Hut Kemenkum-Ham RI.”Untuk menciptakan suatu instansi yang bersih, maka harus dimulai dari petugasnya itu sendiri,” terangnya.

Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hesto Utomo mengatakan, kehadiriannya dalam kegiatan tes urin hari ini di Lapas untuk menyaksikan secara langsung. Dan memang kegiatan tes urin ini sangatlah biasa bagi pemerintahan. Dan dalam internal TNI sendiri memang selalu dilaksanakan pertriwulan sekali untuk memastikan anggota TNI Tanggamus bersih dari zat adiktif.

Baca Juga:  Pemkab Lambar Gandeng BNN Provinsi Gelar Tes Urine

“Karena ini Lapas dan Rutan yang mengikuti maka sangat luar biasa. Ya seperti yang kita tahu bahwa baik Lapas dan Rutan adalah tempat yang sangat tinggi ketersinggungannya dengan narkoba. Jadi kehadiran saya disini untuk memastikan semua kegiatan tes urin berjalan dengan baik dan lancar,”ujar Dandim.(BDI/YSF)

BNN Lapas Kotaagung Petugas Lapas dan Rutan Tanggamus Dites Urine Rutan Kotaagung Tes Urine

Posting Terkait