Pilbup Lampura Diproyeksi Rp10,9 M

 

KOTABUMI – Jika disetujui DPRD Lampung Utara (Lampura), anggaran pengamanan Pemilihan Bupati (Pilbup) Lampura 2018 mencapai Rp10,9 miliar.

‎”Anggaran pengamanan Pilbup mendatang untuk Polri Rp8,1 miliar dan TNI Rp2,8 miliar. Jadi, totalnya mencapai Rp10,9 miliar,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lampura Pirmansyah, di kantornya, Kamis (7/12/2017).

Menurut Pirmansyah, besaran anggaran pengamanan ini sifatnya masih sebatas rencana karena masih belum disahkan oleh DPRD Lampura. Saat ini, prosesnya masih dalam pembahasan oleh pihak eksekutif dan legislatif untuk dapat dimasukan ke dalam Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Raperda APBD) 2018.

“Besaran alokasi anggaran ini merupakan pengajuan dari pihak Polres dan Kodim 0412 Lampura. Kami hanya menerima dan meneruskannya kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Pirmansyah menuturkan, jika tak mengalami evaluasi maka kemungkinan besar dana pengamanan itu akan tetap sebesar nominal yang ‎diajukan. Namun, semuanya tetap kembali kepada hasil pembahasan TAPD dan Badan Anggaran DPRD.

“Untuk berapa total anggaran yang disetujui, kami belum tahu karena semuanya masih dalam pembahasan,” kata dia.

Masih menurut Pirmansyah, selain mengalokasi anggaran untuk Polri dan TNI dalam Pilbup, Pemkab juga mengalokasikan anggaran kepada Panitia Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum. Total anggaran yang dialokasikan untuk kedua institusi penyelenggara Pilbup tersebut mencapai Rp44,8 Miliar.

“Dana hibah untuk KPU mencapai Rp31,9 Miliar, sedangkan untuk Panwaslu ‎dialokasikan sebesar Rp12,9 Miliar,” terangnya.

Sementara mengenai peranan apa saja yang akan dilakukan Kesbangpol untuk menyukseskan perhelatan‎ Pilbup mendatang, Pirmansyah mengatakan, akan terus menyosialisasikan perhelatan Pilbup dan melakukan pengawasan di lapangan serta membantu kelancaran pelaksanaan Pilbup.

“Semoga pelaksanaan Pilbup mendatang akan lebih sukses dan berlangsung dengan baik,” harapnya.(ri/iv)

 

1,636 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment