Pjs Sekda Lampung Timur jadi Saksi Perkara Pungli

Pjs. Sekda Lampung Timur, yang juga selaku Kepala Inspektorat Lampung Timur, Tarmizi/FS

Fajar Sumatera – Pjs. Sekda Lampung Timur, yang juga selaku Kepala Inspektorat Lampung Timur, Tarmizi, didudukkan di hadapan majelis hakim sebagai saksi, untuk memberikan keterangannya terkait perkara pemerasan terhadap seorang kepala desa, yang dilakukan oleh tim pemeriksa Inspektorat Lamtim.

Tarmizi dihadirkan selaku penanggung jawab dari tim yang terbentuk, untuk menangani kasus dugaan pungutan liar atau pungli yang dilakukan seorang Kepala Desa Cempaka Nuban, dalam program pembuatan sertifikat tanah masyarakat Desa Cempaka Nuban, Kecamatan Batang Hari Nuban, Lamtim.

Baca Juga:  Warga Kota Alam Terima PTSL

Dari keterangan adik kandung Sekda Provinsi Lampung ini, ia menjelaskan bahwa dirinya pernah bertemu dengan kepala desa yang dimaksud.

“Saya hanya menasehatinya untuk tidak mengulaginya lagi, lantaran ada banyak aduan terkait kepala desa tersebut,” ungkap Tarmizi, dalam persidangan, Jumat (20/11).

Sementara dari saksi lain yang dihadirkan, didapati keterangan bahwa tidak ada hal yang dilanggar oleh kepala desa yang mereka periksa, sebab pihak inspektorat sendiri mengaku telah memberikan kuesioner atau survei ke masyarakat dan didapati kesimpulan tidak ada yang keberatan dengan tarif pembuatan sertifikat tanah tersebut.

Baca Juga:  Polisi Dikabarkan Tangkap Oknum Kades dan Pegawai Inspektorat, Diduga Kaitan Dana Desa di Lampung Timur

Namun, di mata kuasa hukum terdakwa, apa yang dilakukan oleh Inspektorat Lampung Timur merupakan sebuah kesalahan. Sebab dalam program PTSL, Inspektorat Lampung Timur telah membiarkan kepala desa terlibat dalam kepengurusan sertifikat tanah, yang seharusnya pengurusan PTSL dilakukan oleh kelompok masyarakat setempat.

Sidang lanjutan dari perkara ini akan digelar kembali pada jumat pekan depan, dengan agenda sidang yang masih akan mendengarkan keterangan saksi.

Baca Juga:  ASN Lamtim Mengaku Dijebak dalam Kasus Pemerasan Program PTSL

 

Reporter : Tinus Ristanto

Desa Cempaka Nuban Inspektorat Lampung Timur Kecamatan Batang Hari Nuban Kepala Inspektorat Lampung Timur Pjs. Sekda Lampung Timur PTSL Pungutan liar Tarmizi

Posting Terkait