PK Solusi Cari Keadilan

Ilustrasi Sidang. (Ist)

Beberapa hasil dari persidangan selama ini, dengan vonis dari hakim yang masih saja dianggap belum adil, terdapat jalan keluarnya untuk mendapatkan keadilan yang dirasa akan cukup memuaskan untuk terdakwa, salah satunya dengan Peninjauan Kembali (PK), dan berikut penjelasannya.

Proses persidangan yang berjalan hingga menghasilkan sebuah keputusan dari hakim, tidak serta merta diterima oleh kedua belah pihak, sehingga ada yang mengajukan banding, lalu kemudian naik tingkat menjadi kasasi, sampai pada putusan yang dianggap adil bagi terdakwa maupun jaksa.

Kedua upaya hukum tersebut terjadi, jika dalam waktu yang ditentukan setelah hasil putusan dari hakim, kedua belah pihak segera mengajukan upaya hukum lanjutan, sehingga vonis tersebut tidak sampai menjadi keputusan yang berkekuatan hukum tetap.

Namun jika putusan tersebut telah dianggap inkrah, masih terdapat upaya hukum luar biasa yang biasa disebut PK, atau peninjauan kembali, yang di dalamnya terdapat permohonan bukti yang baru, atau putusan yang terlanjur diucapkan dianggap sebuah kekhilafan dari hakim.

Berbeda dari banding dan kasasi, di dalam upaya hukum luar biasa ini, terdapat aturan – aturan, yakni jika memang terbukti benar, maka putusan hakim yang akan diberikan wajib tidak boleh melebihi putusan sebelumnya. (*)

Peninjauan Kembali

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan