PKK Dayamurni Imbau Masyarakat Waspadai PTM

Muhammad Rozi | Fajar Sumatera

PANARAGAN,—Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Dayamurni, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat menghimbau masyarakat di daerah setempat untuk mewaspadai Penyakit Tidak Menular (PTM) yang saat ini sangat perlu dikendalikan.

Hal ini diungkapkan Ketua TP-PKK Kelurahan Dayamurni, Gustiningsih Putri Setiawati, S.IP, M.IP saat kegiatan pelayanan kesehatan gratis Pos Pelayanan Terpadu dan Pos Pembinaan Terpadu (Posyandu-Posbindu) Cerdik Jiwa di Kantor Kelurahan setempat, Rabu (9/10).

Pernyataan tersebut tentu bukan tanpa alasan, sebab berdasarkan data yang ada saat ini, angka kematian akibat PTM lebih tinggi dari kematian yang disebabkan oleh Penyakit Menular. “Makanya, kami TP-PKK Dayamurni secara terus menerus mengajak masyarakat untuk mengantisipasi itu. Hal ini selalu kami sampaikan dalam berbagai kesempatan dan kegiatan rutin TP-PKK Dayamurni,” kata dia.

Untuk mengantisipasinya, lanjut Gustiningsih, kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, baik bagi pribadinya sendiri maupun kesehatan keluarga harus terus ditingkatkan. Sebab, semakin tinggi kesadaran masyarakat maka akan berpengaruh pula terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di Dayamurni.”Kesadaran masyarakat masih perlu kita bangun bersama-sama, dan ini tentu membutuhkan peran dari semua pihak termasuk TP-PKK,”ulasnya..

Pemeriksaan kesehatan secara rutin menurutnya adalah salah satu cara efektif sekaligus sebagai wujud tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.”Dengan begitu, potensi gangguan kesehatan ataupun penyakit dapat diketahui sejak dini. Tapi disamping itu semua, yang tidak kalah pentingnya masyarakat juga harus menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dalam kehidupan sehari-hari,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan, Kegiatan Pelayanan Posyandu-Posbindu yang dimotori Pemerintah Kelurahan dan TP-PKK Dayamurni tersebut dimulai sekitar pukul 9.00 WIB. Ada sekitar 400-an peserta yang mengikuti pelayanan gratis tersebut, mulai dari dari anak-anak balita, ibu hamil, sampai dengan lansia (lanjut usia) sekelurahan Dayamurni.

Selama kegiatan pelayanan berlangsung,  Posyandu melaksanakan penimbangan balita , pemberian vaksin dan vitamin gratis. Sementara Posbindu dilakukan pemeriksaan darah, cek kadar gula darah, kolesterol, hingga cek asam  urat. Warga masyarakat sangat senang dan merasa terbantu dengan kegiatan pengobatan gratis.

Kegiatan itu juga dihadiri Camat Tumijajar dan unsur Uspika Kecamatan Tumijajar, Ketua TP-PKK Tumijajar beserta pengurus, Kepala Puskesmas Dayamurni Yulisir Lurah Dayamurni beserta jajaran, Lurah Dayamurni Surya Jaya Rades beserta jajaran aparatur kelurahan mulai dari seluruh RT dan Kepala Lingkungan se Kelurahan Dayamurni.  (RZ)

Penyakit Tidak Menular PKK Dayamurni

Posting Terkait