Plh Bupati Asahan Buka Festival Seni Nasyid Kabupaten Asahan Tahun 2021

Plh Bupati Asahan John Hardi Nasution, membuka secara resmi Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021/Istimewa

Fajarsumatera.co.id – Plh Bupati Asahan John Hardi Nasution, membuka secara resmi Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021, di Gedung Tahfidz Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Rabu (24/2).

Festival Seni Nasyid ini merupakan program pemerintah secara nasional, dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan tingkat nasional.

Ketua panitia melalui sekretaris panitia Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021, Ali Muqhofar, menyampaikan, bahwa dasar kegiatan ini sesuai dengan keputusan Bupati Asahan Nomor : 22-BAG-KESRA-TAHUN 2021 tanggal 10 Februari 2021, tentang pembentukan panitia penyelenggara, dewan pengawas dan Dewan Juri Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Baca Juga:  NPC Kabupaten Asahan Harumkan Nama Daerah

Pelaksanaan Festival Seni Nasyid ini dilaksanakan sejak tanggal 24-27 Februari 2021 dan diikuti oleh 25 kecamatan se-Kabupaten Asahan, dengan jumlah peserta sebanyak 48 group.

Terdiri dari 23 grup putra dan 25 grup putri. Adapun kecamatan yang tidak mengirimkan group nasyid putra yakni Kecamatan Bandar Pulau dan Kecamatan Silau Laut.

“Bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemkab Asahan dan hadiah berupa trophy dan uang tunai,” jelas Ali Muqhofar.

Baca Juga:  Bupati Asahan Lantik Pejabat Eselon III dan IV

Sementara, Plh Bupati Asahan John Hardi Nasution, meminta para dewan juri tidak diintervensi oleh siapapun dan pihak manapun dalam melakukan penilaian.

Beliau juga mengatakan pada hakekatnya penilaian yang dilakukan dewan juri menilai penampilan 1 grup nasyid. Namun prinsipnya kemampuan para personel itu yang dinilai.

“Jika semua personel itu baik, maka baiklah 1 grup nasyid tersebut. Oleh karena itu, tidak mutlak grup nasyid terbaik menjadi duta Kabupaten Asahan ke provinsi. Nantinya akan dilakukan pemusatan latihan (TC) untuk mendapatkan grup yang lebih baik,” papar Plh Bupati Asahan.

Baca Juga:  Pemkab Asahan Segera Rampungkan Pembangunan MPP

Ia juga mengatakan, festival nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir.

“Ada tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan pelaksanaan festival nasyid yaitu peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam serta pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spritual masyarakat,” paparnya.

 

Reporter : FS/KMF

Asahan Festival Seni Nasyid

Posting Terkait