PLN Aliri Listrik Di Kecamatan Suoh

General Manager PLN Distribusi Lampung, Julita Indah, bersama sejumlah pejabat Lampung Barat, meresmikan pengaliran listrik di Kecamatan Suoh Lampung Barat, Rabu (21/3).

Lampung Barat – Untuk pertama kalinya, masyarakat Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat menikmati listrik PLN, yang resmi di aliri listrik di dua kecamatan tersebut, Rabu(21/03).

Penyalaan listrik ini semakin mendekatkan Lampung dengan target program “Menuju Lampung Terang 2019” yang diupayakan untuk selesai pada tahun 2018.

Dengan keseluruhan wilayah tersebar di 14 desa, jumlah potensi pelanggan mencapai sebanyak 11.692 calon pelanggan yang siap “dinyalakan” oleh PLN. 14 desa tersebut antara lain Desa Bumi Hantatai, desa tembelang, Desa Gunung Ratu, desa Suoh, Tanjung Sari, Tri Mekar Jaya, Sri Mulyo, Negeri jaya, Bandar Agung, Desa tugu Ratu, desa Banding Agung, Desa Ringin Sari, Desa Sumber Agung, dan Desa Suka Marga.

“Akhirnya, 14 desa di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh berhasil kami (PLN) nyalakan. Belasan ribu masyarakat di dua kecamatan tersebut pun dapat merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya, yaitu menikmati listrik”ujar General Manager PLN Distribusi Lampung Julita Indah, saat dihubungi, Kamis (22/3).

Baca Juga:  Menteri Jonan Usul ke PLN Gratiskan Listrik Bagi Pengungsi Sinabung

Julita menambahkan, masuknya listrik ke Suoh berkat upaya kerjasama yang baik antara PLN, Pemerintah daerah dalam hal ini Kabupaten Lampung Barat dan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan serta adanya dukungan masyarakat, segala tantangan untuk melistriki daerah tersebut dapat diatasi.

Selain peresmian listrik, PLN juga turut berpartisipasi untuk meningkatkan fasilitas umum khususnya sarana ibadah di Bandar Negeri Suoh melalui bantuan Bina Lingkungan kepada empat rumah ibadah yaitu Masjid Al-Jammiah, Pura Puspa Buana, Gereja Christoforus, dan GKSBS Karunia.

Dalam sambutannya, General Manager PLN Distribusi Lampung juga mengingatkan masyarakat untuk ikut peduli terhadap jaringan listrik di sekitarnya.

“Dengan dana investasi lebih dari 38 Miliar Rupiah, Saya berharap masyarakat dapat turut menjaga asset PLN dan bekerjasama dengan PLN dalam hal merelakan tanam tumbuh-nya yang sudah mendekati jaringan listrik untuk dipangkas.”tambahnya.

Baca Juga:  M Ridho Ficardo Melepas Rantai Isolasi di Suoh

Sementara itu, Khotib selaku pengurus Masjid Al-Jammiah mengatakan, kebahagiaannya berlipat ganda hari ini, karena selain akhirnya listrik PLN masuk untuk menerangi desa kami, PLN juga memberikan bantuan berupa fasilitas untuk menunjang seluruh kegiatan keagamaan di desanya.

Tahun 2018 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi PLN, karena bertugas meningkatkan rasio elektrifikasi dan menerangi desa-desa yang belum berlistrik.

Salah satunya di Provinsi Lampung dimana masih banyak desa yang belum merasakan manfaat listrik. Program Indonesia Terang yang menargetkan seluruh desa di Nusantara dialiri listrik 100% dimana khusus untuk di Provinsi Lampung sendiri terdapat 23 desa yang jaringan listriknya harus melalui kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, termasuk di antaranya 14 desa di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh yang pada hari ini (21/3/2018) secara resmi dilakukan penyalaan.

Baca Juga:  Terungkap Tujuan Ridho Ficardo Bangun Jalan Suoh

Dengan adanya listrik, warga khususnya anak-anak dapat mendapatkan pendidikan serta perekonomian juga akan semakin meningkat.

Sebelumnya, masyarakat di dua kecamatan tersebut menggunakan listrik turbin yang dipasang di pinggir aliran Sungai Way Semaka. Tentu hal ini kurang maksimal, karena turbin tersebut dapat sewaktu-waktu rusak atau bahkan hanyut terbawa derasnya aliran sungai ketika musim hujan tiba.

“Dulu sebelum listrik dari PLN masuk, kami hanya mendapatkan listrik yang dayanya tidak cukup besar. Hanya cukup untuk menyalakan lampu kecil saja. Sekarang setelah listrik dari PLN masuk, kami bisa menyalakan lebih banyak alat-alat elektronik. Tidak hanya itu, peluang kami untuk berbisnis juga terbuka lebar dengan adanya listrik dari PLN”, ujar Giantoro salah satu warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, mengatakan bahwa pasokan listrik membantu warga untuk dapat membangun serta meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. (IH).

1,206 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

PLN Suoh

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan