PMI Way Kanan Apresiasi Kegiatan Donor Darah Pegawai Lapas

Way Kanan, Dalam situasi Pandemi COVID-19 ini terjadi penurunan jumlah yang signifikan dari masyarakat untuk melakukan donor darah, padahal kebutuhan darah tidak berkurang, bahkan cenderung meningkat, termasuk kebutuhan untuk donor plasma konvalesen. Mendorong seluruh Petugas Pemasyarakatan Indonesia khususnya Pegawai Lapas Way Kanan  untuk melakukan donor darah dan donor Plasma Konvalesen merupakan wujud nyata kepedulian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, khususnya jajaran Pemasyarakatan untuk saling mendukung dan membantu menyelamatkan hidup sesama manusia. Demikian disampaikan Kepala Lapas Way Kanan, Syarpani saat membuka kegiatan didampingi Sekretaris PMI Way Kanan, Yoni Aliestiadi, S.H bersama Unit Transfusi Darah RSUD Zapa Way Kanan dr. Melania Dessy Savitri di Gazebu Lapas, rabu, (07/04/2021).

“Sebanyak 25 Pegawai Lapas Way Kanan  untuk melakukan donor darah dan  2 pegawai donor Plasma Konvalesen. Ini  merupakan wujud nyata kepedulian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, khususnya jajaran Pemasyarakatan untuk saling mendukung dan membantu menyelamatkan hidup sesama manusia”, ujar Syarpani.

Syarpani menyampaikan ucapan terimakasih kepada PMI Way Kanan bersama Unit Transfusi Darah RSUD Zapa Way Kanan yang diwakili dr. Melania Dessy Savitri atas kerjasamanya dalam kegiatan donor darah.

“Terima kasih kepada PMI Way Kanan yang pada kesempatan ini diwakili Sekretaris PMI Way Kanan,  Bapak Yoni Aliestiadi yang telah memfasilitasi kegiatan ini bersama Unit Transfusi Darah RSUD Zapa Way Kanan yang diwakili  dr. Melania Dessy Savitri Semoga donor darah dapat bermanfaat bagi masyarakat”, tuturnya.

Sementara itu, Unit Transfusi Darah RSUD Zapa Way Kanan yang diwakili dr. Melania Dessy Savitri memaparkan dari Seluruh pegawai (75 orang), terdaftar hari ini sekitar 50% (yang tidak sedang piket, dan lepas jaga), ada 34 orang. Dari hasil skrining awal, ada 6 orang calon donor yang belum bisa berdonor antara lain karena sebelumnya sudah pernah berdonor, dengan jarak kurang dari 10 minggu yang lalu.

dr. Dessy pun menambahkan “Dari hasil kegiatan tersebut didapatkan 28 kantong darah, yang dalam masa pandemi dan menjelang puasa ini sangat berarti untuk stok darah bagi pasien yang rutin harus ditransfusi tiap bulan di RSUD Way Kanan.

Di waktu yang berbeda Sekretaris PMI Way Kanan, Yoni Aliestiadi mengapresiasi kepada kepala lapas dan jajaran atas kegiatan donor darah ini dan berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda rutin bersama.

“Terimakasih Pak Kalapas dan seluruh pegawai yang telah mendonorkan darah di masa pandemi, tentunya  akan disalurkan ke masyarakat way kanan yang membutuhkan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin setiap 3 bulan sekali antara lapas dan PMI”, tutup Yoni.

Dari Umpu Semenguk, Way Kanan Habibi Melaporkan

Posting Terkait