PNS Boleh Pakai Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Pada lebaran tahun ini aparatur sipil negara (ASN) diperbolehkan menggunakan kendaraan dinas untuk mudik.

Izin untuk menggunakan kendaraan dinas itu bukan asal sembarang saja. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyebut pemakaian kendaraan dinas tidak bisa dibebankan kepada negara.

Baca Juga:  Berikut 6 Ujaran Kebencian yang Tak Boleh Dilakukan PNS

“Selama ini mobil dinas tidak dibolehkan. Tapi tahun ini saya bilang, sepanjang itu digunakan tidak menggunakan biaya kantor, silakan,” kata Asman saat ditemui usai acara Musrenbangnas 2018, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).

Artinya, kata Asman, biaya yang keluar saat pemakaian kendaraan dinas pada waktu mudik ditanggung oleh masing-masing pemakai. Misalnya, biaya bensin, perawatan mobil, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Baca Juga:  Alat Ini Bisa Lacak PNS yang Bolos Kerja

“Semua ditanggung sendiri, tidak boleh dibebankan ke kantor. Kan mobil itu melekat sama pribadinya. Yang penting jaga keselamatan,” kata Asman seperti yang dilansir dari detik.com.

Asman menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyusun aturan sebagai payung hukum agar kendaraan dinas bisa digunakan untuk mudik Lebaran. Ia memastikan, aturan tersebut akan dikeluarkan sebelum lebaran.

Baca Juga:  Menteri PAN-RB: Tak Bisa Lagi Jadi PNS karena Bekingan

“Ini lagi saya susun aturannya. Pokoknya sebelum Lebaran sudah keluar,” ujarnya.

Tahun lalu, pemerintah melarang penggunaan kendaraan dinas untuk kegiatan mudik lebaran oleh ASN. Pelarangan kendaraan dinas yang dikhususkan untuk kendaraan dinas pribadi tersebut dituangkan dalam surat edaran. (net/hp)

Mobil Dinas PNS

Posting Terkait