PNS Desak Pencairan Tukin & Gaji  Dipercepat

Foto: Ist

BANDARLAMPUNG – Aparatur Sipil Negara  (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berharap agar pembayaran gaji 14, tukin dan gaji dibayarkan sebelum perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah demi menghindari membludaknya antrian  mudik dan memenuhi berbagai kebutuhan lebaran.

Vebby salah satu ASN di lingkungan Pemprov lampung mengungkapkan bahwa semua uang-uang itu sangat diperlukan untuk membeli keperluan lebaran seperti kue dan pakaian serta biaya mudik.

Baca Juga:  Miris!! Pembangunan Digalakkan, Tukin 1 Tahun Tak Terbayarkan oleh Pemkot Kota Bandarlampung

Sementara Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansah menyampaikan bahwa kemungkinan ASN akan mendapatkan gaji dan tukin sebelum 31 Mei.

“Diharapkan pada bagian yang melakukan pengurusan tersebut agar mempercepat prosesnya sehingga dapat segera merealisasikan uang tersebut kepada ASN,” kata Heri, Selasa (21/5).

Pada lebaran tahun ini, ASN mendapatkan libur tambahan selama 1 hari dari 30 Mei hingga 10 Juni mendatang.

Pada sisi lain Kepala Badan Keuangan Daerah Lampung Minhairin sedang mengkonsultasikan hal ini ke pemerintah pusat .

Baca Juga:  Masuki Bulan Puasa, ASN Pemprov Lampung Pertahankan Kinerja

“Untuk bulan ini memang dibayarkan bulan selanjutnya. Kan untuk menghitung kinerja bulan ini. Karena bertepatan dengan lebaran,  ya TP PNS Reguler itu dibayarkan setelah lebaran, ” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Lampung,  Minhairin,  Selasa (21/5).

Merebak informasi TP PNS tidak dibayarkan dikarenakan tidak masuk dalam unsur Tunjangan Hari Raya (THR).

“Jadi memang berdasarkan radiogram mendagri tahun ini TP PNS tidak termasuk dalam unsur THR. Tapi ini kan bukan TP PNS reguler yang dibayarkan setiap tanggal 5 itu, ” jelasnya.

Baca Juga:  Tukin Bandar Lampung Bakal Tertunda

Mengenai kejelasan pencairan THR PNS Pemprov tahun ini,  mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Selatan ini mengaku masih dalam proses finalisasi.

“Ada aturan pergubmya masih di evaluasi Kemendagri. Mudah-mudahan Kamis turun, ” kata dia.(RM/TS)

ASN Pemprov Lampung Tukin

Posting Terkait