Pokdakan Banteng Pematang 1 Tanggamus ikuti Pelatihan budidaya ikan laut KJA

Pesawaran (FS)– Sebanyak 10 Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Banteng Pematang 1 Kabupaten Tanggamus mengikuti magang, pelatihan budidaya ikan laut keramba jaringan apung (KJA) di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung, Jln. Yos Sudarso, Desa Hanura, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan terhadap kelompok-kelompok budidaya ikan laut bisa terselenggara atas kerjasama Korem 043/Gatam dengan Balai Besar Budidaya Laut Lampung dalam pendampingan kelompok tani budidaya laut di Provinsi Lampung.

Kepala Penerangan Mayor Inf. Joko Warsito mewakili Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono,S.S.M.I.Kom mengatakan bahwa kegiatan ini di gelar guna meningkatkan produksi pembudidayaan laut di KJA.

Masih kata Joko, dengan adanya sumber daya alam berupa hasil perikanan laut di Lampung adalah merupakan potensi yang sangat besar.

“Kerjasama pembinaan akan kita bentuk kekuatan hukumnya. Seandainya kegiatan ini dilakukan di daerah akan terus berkesinambungan dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung,”jelasnya saat menghadiri pembukaan magang budidaya ikan laut, Selasa (4/8/2020).

Di samping itu juga, lanjutnya, kelompok-kelompok budidaya ikan laut yang meliputi pembenihan, pembesaran, juga sarana prasarana KJA, termasuk pengendalian penyakit dan kualitas air yang ada di Provinsi Lampung,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung Ir. Ujang Komarudin Asdani Kartamiharja, M.Sc, sebelum membuka kegiatan tersebut, terlebih dahulu ia mengucapkan terimakasih khusus kepada Danrem 043/Gatam yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kapenrem 043/Gatam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk
ketrampilan budidaya ikan laut di KJA. Hal ini kesempatam emas bagi para pemagang. Meskipun hanya 5 hari harus di manfaatkan sebaik mungkin agar keahlian yang di peroleh di sini bisa diasopsi di Tanggamus,” katanya.

Ada pun kegiatan ini, lanjutnya, para peserta harus fokus dan sungguh sungguh mengikuti kegiatan ini, karena ada 15 meteri yang akan di berikan dengan 15 nara sumber.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para kelompok, sehingga bisa mengembangkan kerjasama yang lebih luas dan intensif lagi, sekali lagi manfaatkan momen ini semaksimal mungkin,” tandasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Uji Terap Teknis dan Kerjasama Evalawati, SP MM, dan Kepala Bidang Pengujian dan Dukungan Teknis Hanung Santoso, SP serta para ahli bidang budidaya ikan laut. (DP/Nal)

Posting Terkait