Polda Lampung Terima Penghargaan dari KLHK

Foto: Tinus

BANDAR LAMPUNG – Polda Lampung, menerima penghargaan berupa piagam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada hari Senin (9/9), di Mapolda Lampung, atas keberhasilan pengungkapan kasus perdagangan tubuh satwa langka berupa cula Badak.

Wakil Kepala Polda Lampung Brigjen Pol Sudarsono mengatakan, penghargaan berupa piagam tersebut diberikan KLHK melalui Direktorat Konsevasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE), yang diterima oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), yang juga turut disaksikan oleh pihak Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Baca Juga:  Tahun 2017 Polri Tembak Mati 55 Pelaku Narkoba, Polda Lampung Urutan Ketiga

Penghargaan yang diberikan pertama di tahun 2019 ini, dikatakan oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Perlindungan dan Pengawetan (P3) pada TNBBS Wawan Gunawan, Ditreskrimsus dinilai konsisten.

“Ditreskrimsus dan jajaran telah bersama-sama menuntaskan kasus perdagangan cula badak ilegal, dan kasus-kasus sebelumnya atas perburuan liar,” tuturnya.

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan untuk beberapa perdagangan satwa ke luar negeri, guna terus memantau perdagangan satwa liar ini.

Baca Juga:  Perkara Kasus Pidana Suherman Dimenangkan Polda Lampung

“Sudah terpetakan negara mana yang menampung satwa ilegal. Dan memang modusnya masih melalui jalur laut,” pungkasnya.

Riwayat pengungkapan kasus perdagangan cula badak ini terjadi di Hotel Sempana Lima di Kecamatan Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Senin (26/11/2018).

Ada enam orang tersangka yang diamankan. Di antaranya, inisial DMS (48), AS (35), N (34), EF (36), dan S (39). Kelima orang ini merupakan warga Kaur, Provinsi Bengkulu.

Baca Juga:  Polda Dituding Berpihak ke Dosen Cabul

Pelaku lain yang turut diamankan dari kasus ini yakni inisial AK (55) warga Tanggamus, Provinsi Lampung, serta seorang oknum Babinsa Koramil 03/KT Kodim 0408 Bengkulu Selatan inisial M.(TN)

Penghargaan dari KLHK Polda Lampung

Posting Terkait