Polisi Sidik Korupsi Kapal oleh Mantan Kadishub Pesawaran

Korupsi Meubeler

Ilustrasi Korupsi (Ist)

Gedongtataan-Polres Pesawaran mulai menyidik kasus korupsi pengadaan kapal penumpang senilai Rp403,5 juta, yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran.

Iptu Hasanuddin, mengatakan, sebelumnya Polres Pesawaran, masih menyelidiki, tapi kini statusnya ditingkatkan ke tahap penyidikan terhadap mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pesawaran, Maddawami.

“Kini, statusnya sudah ditingkatkan dari lidik ke sidik, untuk mengungkap tersangka dalam kasus dugaan korupsi ini pengadaan kapal penumpang yang diadakan Dishub tersebut,” terangnya, Kamis (27/4).

Baca Juga:  KPPK Awasi Dana Desa

Dia memperkirakan, berdasarkan hasil pemeriksaan saksi ahli, akibat kasus dugaan korupsi  pengadaan kapal penumpang yang tidak sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB) tersebut negara mengalami kerugian diperkirakan mencapai Rp275 juta dengan pelaksana CV RR Jaya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi ahli ditemukan fakta-fakta dugaan korupsi, seperti mesin kapal, bodi kapal dan kaca jendela kapal tidak sesuai dengan RAB,” jelasnya.

Baca Juga:  Diduga Kakon Gelapkan Uang ADP

Dilanjutkan dia,  kasus tersebut terus dikembangkan guna mengungkap dugaan keterlibatan adanya diduga pelaku lain yang turut serta dalam korupsi, keterlibatan Mantan Kadishub dalam kasus itu adalah sebagai  kuasa pengguna anggaran (KPA).

“Kasus ini terus dikembangkan, karena kemungkinan masih ada pelaku lain yang terlibat dalam kasus ini. Pelaku dijerat pasal 2 dan 3 UU RI N0 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi,  dengan ancaman hukumannya, maksimal 20 tahun penjara,” jelas dia.

Baca Juga:  Cegah Korupsi, KPK Perkuat Struktur Pemerintahan Lampung

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Pesawaran, Erlan Soffandi mendesak penyidik Polres Pesawaran agar mengusut tuntas kasus dugaan korupsi dalam kasus pengadaan kapal di Dinas Perhu bungan Kabupaten Pesawaran.

“Kasus tersebut sudah lama di laporkan, dan jika sudah ditangani, pihak Polres perlu didukung,  agar kinerjanya semakin baik,” ujarnya. (MH/PS)

Korupsi

Posting Terkait